Etilen Oksida Penyebab Indomie dan Mie Sedaap Dilarang di Negara Lain

Nadya Zahira
26 April 2023, 14:51
indomie
Twitter Indomie @indomielovers

Pemerintah Taiwan baru saja menarik peredaran Indomie Rasa ayam Spesial karena dinyatakan mengandung Etilen Oksida. Zat ini diduga dapat memicu kanker dan masalah kesehatan lainnya.

Kasus penarikan produk asal Indonesia karena mengandung Etilen Oksida di atas batas juga pernah dialami  merek mie instan lainnya yaitu Mie Sedaap. Produk Wings Grup tersebut ditarik peredarannya di Hongkong pada akhir September 2022 karena mengandung etilen oksida.

Hal serupa juga terjadi dengan produk Mie Sedaap yang ditarik peredarannya di Singapura larena mengandung zat berbahaya.

Apa itu Etilen Oksida?

Mengutip dari laman National Cancer Institute, etilen oksida atau EtO adalah pestisida yang tidak diizinkan untuk digunakan dalam makanan. Zat ini berupa gas tak berwarna yang mudah terbakar dengan bau yang manis. 

Bahan ini lazimnya digunakan untuk memproduksi bahan kimia lain, termasuk antibeku. Dalam jumlah yang lebih kecil, etilen oksida digunakan sebagai pestisida dan agen sterilisasi.

Kemampuan etilen oksida untuk merusak DNA dalam tubuh manusia, membuatnya menjadi agen sterilisasi yang efektif. Namun demikian, zat ini lambat laun menyebabkan kanker, seperti kanker limfoma dan leukemia.

Kedua jenis kanker tersebut adalah kanker yang paling sering dilaporkan terkait dengan paparan etilen oksida di tempat kerja.  Selain itu, kanker perut dan payudara juga dapat dikaitkan dengan paparan etilen oksida.

Manusia dapat terpapar EtO melalui udara maupun konsumsi. Oleh sebab itu, pekerja yang berkaitan langsung dengam zat bahaya tersebut wajib menggunakan peralatan yang mencegah mereka mendapatkan paparan langsung. 

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...