Jastip War Tiket Coldplay Laris Manis, Bisa Untung Puluhan Juta Rupiah

Nadya Zahira
12 Mei 2023, 18:28
Konser Coldplay di Brazil
Anna Lee/Instagram Coldplay
Konser Coldplay di Brazil

Jasa titip atau jastip untuk war tiket Coldplay laris manis diserbu konsumen yang ingin menonton band asal Inggris tersebut. Calon penonton sudah memesan jastip war tiket sesaat setelah promotor mengumumkan harga. 

War tiket atau perang tiket adalah sebuah istilah untuk berburu tiket konser musik, terutama yang memiliki basis penggemar besar. Disebut perang karena tak jarang tiket konser tersebut habis dalam sekejap, sehingga banyak yang gagal mendapatkannya.

Oleh sebab itulah banyak calon penonton yang menggunakan jastip war tiket sehingga tidak perlu bersusah payah untuk berebut tiket. Pelaku jastip juga biasanya memiliki trik tersendiri dan sudah berpengalaman dalam memenangkan war tiket konser. 

Salah satu pelaku jastip tersebut adalah Fauzan Mirwan. Ia mengaku sudah membuka usaha war tiketnya sejak awal tahun lalu. Fauzan mengungkapkan, para konsumen langsung memesan jastip war tiket saat promotor konser Coldplay resmi mengumumkan harga tiket.

Sebagai informasi, Coldplay akan menggelar konser pertamanya di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, pada 15 November 2023. Pada Kamis (11/5), promotor mengumumkan harga tiket Coldplay secara resmi yaitu antara Rp 800.000 hingga Rp 11 juta.

Adapun untuk tiket presale mulai dijual pada 17-18 Mei 2023. Namun tiket presale hanya diperuntukan bagi nasabah BCA. Sedangkan tiket umumnya dijual mulai 19 Mei 2023.

Fauzan mengatakan, dirinya hanya membuka slot jastip untuk 20 tiket Coldplay. Hal itu mempertimbangkan jumlah tim yang hanya 5 orang.

"Sekarang sudah habis dipesan jatah slot tiketnya," ujarnya kepada Katadata.coid, Jumat (12/5).

Keuntungan Jastip

Fauzan mengatakan, dirinya menawarkan tarif jastip Rp 200.000-Rp 275.000 per tiket. Dengan demikian, dirinya bisa mendapatkan keuntungan hingga Rp 5.500.000 jika berhasil memenangkan war tiket.

"Keuntungan tersebut dibagi dengan tim saya 50%. Di sini saya yang berperan sebagai marketing sekaligus pemilik usahanya," ujarnya.

Namun demikian, Fauzan mengatakan bahwa tarif jastipnya tergolong sangat murah. Pasalnya pelaku jastip yang sudah ternama bisa mematok tarif Rp 300.000 - Rp 750.000 per tiket.

Mereka juga memiliki personel yang cukup banyak sehingga bisa menyediakan slot tiket lebih banyak lagi. Rata-rata pelaku jastip menawarkan slot 30 tiket. Dengan demikian, total keuntungan yang didapatkan bisa mencapai Rp 22,5 juta jika mematok tarif Rp 750.000 per tiket.

"Kalau jastip war tiket di saya bisa lebih murah juga karena hanya perlu bayar untuk booking slotnya saja, tidak perlu bayar DP, dan tidak perlu bayar tiket sepenuhnya. Karena kami tidak bisa menjanjikan bisa dapat tiket itu atau tidak," kata dia.

Awal Mula Buka Jastip War Tiket

Fauzan mengatakan, awalnya dia hanya penikmat musik yang kerap menonton konser dari musisi ternama. Namun setiap war tiket, dirinya selalu berhasil untuk mendapatkan tiket sesuai dengan kategori yang diinginkan. 

Sejak itu, ia bersama lima orang teman-temannya mengambil peluang untuk membuka usaha jastip war tiket untuk setiap konser dari artis-artis ternama. Adapun tiket konser yang berhasil didapatkan oleh pihaknya di antaranya yaitu, konser JB Justice World Tour, Early Bird Pesta Pora 2022, Tulus Tur Manusia Jakarta, Blackpink, hingga Pertunjukan Tutur Batin Yura - Jakarta.

Dia menjelaskan, penawaran jastip war tiket tersebut melalui akun instagramnya @faumrann. Saat ini jumlah followers atau pengikutnya sudah mencapai 2 ribu lebih.

"Jadi saya yang jadi marketnya, yang menawarkan ke orang-orang, karena jumlah followersnya juga banyak, teman-teman saya yang bantu untuk war tiketnya," kata dia.

Sementara itu promotor PK Entertainment sudah mengumumkan harga tiket konser Coldplay. Berikut rinciannya seperti tertera dalam grafik.

Reporter: Nadya Zahira

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...