Kongsi GoTo - TBS Energi Resmi Dirikan Pabrik Motor Listrik Electrum

Ira Guslina Sufa
23 Juni 2023, 08:04
Electrum
Dok Electrum
Motor Listrik Electrum

Perusahaan patungan atau joint venture GoTo Gojek Tokopedia dan TBS Energi Utama (TOBA) meresmikan pendirian pabrik motor listrik Electrum di Indonesia. Langkah maju ditandai dengan peletakan batu pertama atau ground breaking di Zona E Kawasan Greenland International Industrial Center atau GIIC, Cikarang, Jawa Barat hari ini, Jumat (23/6). 

“Pembangunan pabrik motor listrik Electrum ini turut mendukung percepatan adopsi kendaraan listrik masyarakat,” kata GoTo dalam surat undangan kepada media.  

Manajemen GoTo meyakini pembangunan pabrik motor listrik dapat menciptakan dampak ekonomi jangka panjang di bidang energi terbarukan. Dalam acara groundbreaking itu, Electrum akan turut mengumumkan kerja sama strategis terbaru dengan beberapa mitra bisnis, khususnya dalam adopsi kendaraan listrik dan dukungan infrastruktur pendukung lainnya. 

Pembangunan pabrik motor listrik Electrum merupakan bagian dari komitmen Tiga Nol 2030 GoTo Gojek Tokopedia. Komitmen itu terdiri dari Nol Emisi, Nol Sampah, dan Nol Hambatan. 

Goto menilai komitmen Tiga Nol merupakan cerminan isu strategis yang menjadi perhatian perusahaan dan ekosistem GoTo. Komitmen Tiga Nol sekaligus menjadi panduan bagi GoTo menjadi perusahaan ramah lingkungan dan sosial dan tata kelola (LST). 

Sebelumnya GoTo dan TOBA berkongsi mendirikan Electrum di bawah bendera PT Energi Kreasi Bersama (EKB). Perusahaan ini berdiri pada Desember 2021 dan fokus pada manufaktur kendaraan listrik roda dua, teknologi pengemasan baterai, infrastruktur penukaran baterai, dan pembiayaan untuk memiliki kendaraan listrik.

Electrum menjadi buah bibir pada pelaksaan helat pertemuan G-20 di Bali akhir 2022 lalu. Saat itu Electrum merupakan kendaraan listrik yang menjadi transportasi selama G-20. 

Reporter: Lenny Septiani
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...