Dijual Rp 4,5 Miliar, Mobil Terbang Listrik Sudah Dipesan 440 Orang

Nadya Zahira
4 Juli 2023, 10:48
mobil terbang listrik
Alef Aeronautics melalui Business Insider
mobil terbang listrik

Mobil terbang bertenaga listrik atau electric flying car sudah mendapatkan persetujuan untuk mulai diuji coba di jalan raya dan di udara. Harga mobil ini nantinya ditargetkan mencapai US$ 300.000 atau setara Rp 4,5 miliar.

Alef Aeronautics merupakan perusahaan yang telah mendapatkan sertifikat dari Lembaga Administrasi Penerbangan atau FAA untuk menguji coba mobil terbang tersebut. Startup asal Amerika Serikat ini didukung oleh SpaceX perusahaan milik miliarder Elon Musk.

CEO Alef Aeronautics, Jim Dukhovny, mengatakan izin uji coba mobil terbang listrik itu akan membawa teknologi transportasi masa depan semakin dekat dengan masyarakat.

"Hal ini memungkinkan kami untuk lebih dekat dalam menghadirkan perjalanan yang ramah lingkungan dan lebih cepat bagi masyarakat, menghemat waktu individu dan perusahaan setiap minggunya. Ini adalah satu langkah kecil untuk pesawat, satu langkah besar untuk mobil," kata Dukhovny, dikutip dari Insider, Selasa (4/7).

Dukhovny mengatakan, izin yang diberikan oleh FAA masih terbatas terkait dengan kemampuan mobil terbang yang belum pernah ada sebelumnya. Dengan demikian, sertifikasi uji coba mobil terbang listrik itu hanya bisa dilakukan di lokasi tertentu.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...