Kuota Uji Coba LRT Jabodebek Habis dalam Sehari, Pendaftaran Ditutup

Tia Dwitiani Komalasari
11 Juli 2023, 09:32
Rangkaian gerbong kereta Lintas Rel Terpadu (LRT) memasuki Stasiun LRT Dukuh Atas, Jakarta, Kamis (6/7). LRT Jabodebek akan dioperasikan dengan sistem berbasis komunikasi sehingga dapat dioperasikan dari pusat kendali dan tanpa masinis.
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Rangkaian gerbong kereta Lintas Rel Terpadu (LRT) memasuki Stasiun LRT Dukuh Atas, Jakarta, Kamis (6/7). LRT Jabodebek akan dioperasikan dengan sistem berbasis komunikasi sehingga dapat dioperasikan dari pusat kendali dan tanpa masinis.

Kuota pendaftaran uji coba LRT Jabodebek penuh dalam kurun waktu kurang dalam sehari setelah dibuka Senin (10/7). Pendaftaran uji coba LRT Jabodebek pun telah ditutup Selasa dini hari (11/7).

Sebagai informasi, LRT Jabodebek mengajak warga untuk menjajal uji coba transportasi massa tersebut dengan tarif Rp 1 mulai 12 Juli hingga 15 Agustus 2023.  Masyarakat harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu melalui link yang dibagikan di sosial media LRT Jabodebek mulai kemarin.

Namun demikian, pendaftaran uji coba operasional tersebut kini telah ditutup. LRT Jabodebek pun meminta warganet untuk menantikan event selanjutnya.

"Hai teman Raina! Terima kasih atas antusiasmenya mengikuti pendaftaran terbatas pada uji coba operasional Jabodebek. Sehubungan dengan kuota pendaftaran yang sudah terpenuhi maka pendaftaran dengan terpaksa kami tutup," tulis pengumuman di akun Instagram @lrt_jabodebek, Selasa (11/7).

Kuota Hanya 600 Orang per Hari

Sebelumnya, Manajer Humas LRT Kuswardoyo mengatakan terdapat empat perjalanan LRT  setiap hari selama masa uji coba. Setiap perjalanan dibatasi hanya mengangkut penumpang 150 orang. Dengan demikian, kuota uji coba LRT tersebut dibatasi 600 orang per hari. 

Namun, selanjutnya LRT Jabodebek memiliki kapasitas maksimal 1.308 orang termasuk dengan penumpang yang berdiri. Dalam satu rangkaian terdapat 6 gerbong yang memiliki 174 tempat duduk. 

Dia juga meminta masyarakat yang sudah mendaftar untuk memastikan bahwa dirinya sudah mendapatkan konfirmasi dari LRT Jabodebek yang dikirimkan melalui WhatsApp atau SMS. Konfirmasi itu nanti isinya antara lain adalah jadwal dan dari stasiun mana mereka akan berangkat. Pasalnya saat uji coba, penumpang hanya bisa naik LRT Jabodebek sesuai dengan waktu dan stasiun yang ditentukan.

"Bagi masyarakat pastikan dulu mereka sudah mendapatkan konfirmasi, Apabila tidak mendapatkan konfirmasi mohon maaf tidak bisa mengikuti perjalanan soft launching," kata Kuswardoyo saat menjajal LRT Jabodebek bersama wartawan di Jakarta, Kamis (6/7). 

Kuswardoyo mengatakan, terdapat tiga pilihan stasiun yang bisa dipilih penumpang. Tiga stasiun tersebut adalah Jatimulya, Harjamukti dan Dukuh Atas.

"Nanti konfirmasi ditunjukkan kepada petugas yg ada di stasiun ketika hendak melakukan perjalanan," ujarnya.

Kusawrdoyo mengatakan, masyarakat bisa menjajal uji coba LRT Jabodebek tersebut dengan tarif Rp 1. Dia mengatakan, tarif uji coba tersebut sebelumnya ditetapkan gratis. Namun demikian, LRT menggunakan sistem ticketing dengan pembayaran cashless  yang tidak bisa menggunakan tarif Rp 0.

"Sehingga kemudian calon penumpang pada masa soft launching dikenakan tarif Rp 1 menyesuaikan sistem ticketing yang digunakan dengan menggunakan pembayaran cashless,"  ujarnya.

Dia mengatakan,  soft opening ini akan menguji coba semua prosedur yang akan digunakan pada perjalanan LRT setelah beroperasi penuh. Termasuk sistem ticketing yang nanti akan diberlakukan.

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...