Uji Coba LRT Jabodebek dengan Penumpang Dimulai Hari Ini

Nadya Zahira
12 Juli 2023, 09:48
Petugas mengoperasikan simulator Lintas Rel Terpadu (LRT) di Depo LRT Jatimulya, Bekasi, Jawa Barat, Kamis (6/7). LRT Jabodebek akan dioperasikan dengan sistem berbasis komunikasi sehingga dapat dioperasikan dari pusat kendali dan tanpa masinis.
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Petugas mengoperasikan simulator Lintas Rel Terpadu (LRT) di Depo LRT Jatimulya, Bekasi, Jawa Barat, Kamis (6/7). LRT Jabodebek akan dioperasikan dengan sistem berbasis komunikasi sehingga dapat dioperasikan dari pusat kendali dan tanpa masinis.

Uji Coba LRT Jabodebek dengan penumpang akan dimulai hari ini, Rabu (12/7), sampai dengan 15 Agustus 2023. Masyarakat yang sudah terdaftar bisa menjajal naik LRT Jabodebek sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengikuti uji coba LRT Jabodebek pada hari pertama. Pembukaan uji coba LRT tersebut dilakukan mulai dari Stasiun LRT Harjamukti pada pukul 09.30 WIB. Nantinya, armada transportasi tersebut akan berhenti di Stasiun LRT Dukuh Atas.

Sebelum dilakukan uji coba hari ini, Kementerian Perhubungan telah menggelar rapat koordinasi untuk membahas kesiapan jelang dilakukannya uji coba operasional terbatas LRT Jabodebek, Senin (10/7).

“Berdasarkan kesepakatan dalam rapat, telah diputuskan mulai tanggal 12-15 Agustus 2023 akan dilakukan uji coba operasional terbatas,” ujar Dirjen Perkeretaapian Risal Wasal, dalam keterangan tertulis yang dikutip Rabu (12/7).

Risal mengatakan, Kemenhub telah menerima surat permohonan pelaksanaan uji coba operasional terbatas yang disampaikan oleh Direktur Utama KAI kepada Direktur Jenderal Perkeretaapian. Sebelumnya, LRT Jabodebek juga telah mendapatkan rekomendasi safety assessment dari Siemens dan konsultan pengawas proyek pembangunan infrastruktur tersebut.

Risal mengatakan, uji coba terbatas tersebut akan operasional LRT sekaligus sistem pembayaran dan integrasi antarmoda di masing-masing stasiun yang dilewati. 

“Kami telah berkoordinasi dengan BPTJ dan jajaran Dinas Perhubungan baik di DKI Jakarta, Depok, dan Bekasi terkait dengan penyiapan angkutan lanjutan seperti Bus Transjakarta, Jak Lingko, angkot, KRL, Kereta Cepat, dan lain sebagainya,” kata Risal.

Sementara itu, Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati mengatakan, uji coba dilakukan untuk memperkenalkan LRT Jabodebek kepada masyarakat.  

“Untuk itu, aspek keselamatan dan keamanan perjalanan LRT Jabodebek menjadi perhatian utama kami sebelum dimulainya uji coba terbatas," kata dia.

Ia mengatakan, uji coba operasional terbatas akan dilakukan dua tahap. Uji coba pertama diikuti oleh  undangan terbatas dari Kementerian/Lembaga, jurnalis, dan komunitas pada 12 Juli 2023 - 26 Juli 2023.  Selanjutnya uji coba tahap kedua yang bisa diikuti masyarakat umum mulai 27 Juli sampai 15 Agustus 2023.

Adapun uji coba operasional terbatas akan dilaksanakan pada pukul 08.00 - 12.30 WIB dengan jumlah 4 perjalanan KA per hari. Perjalalanan LRT Jabodebek akan melayani 3 rute, yaitu lintas Cawang-Dukuh Atas, Cawang-Harjamukti dan Cawang-Jatimulya. Dalam sehari, ditargetkan jumlah penumpang LRT maksimal 600 penumpang undangan.

Para undangan hanya dapat melakukan tap in di tiga Stasiun LRT Jabodebek yaitu di Stasiun Harjamukti, Jatimulya dan Dukuh Atas. Namun para undangan dapat melakukan tap out di semua stasiun yang dilewati. 

Adapun transaksi dapat dilakukan dengan menggunakan Kartu Uang Elektronik atau KUE dari berbagai macam bank penyedia jasa layanan uang elektronik.

Sebagai informasi, LRT Jabodebek menggunakan teknologi yang lebih tinggi dari MRT Jakarta ataupun LRT Sumsel, yaitu generasi ke-3 atau GoA Level 3. Dengan teknologi ini, kereta akan dioperasikan tanpa masinis atau driverless. Namun demikian, akan ada petugas train attendant yang akan berjaga untuk situasi darurat di dalam kereta.

Kereta ini juga secara otomatis mampu mengatur jarak aman antar kereta secara konstan. Semua sistem operasi pada LRT Jabodebek sudah diatur pada OCC atau Operation Control Center.

LRT Jabodebek akan beroperasi secara resmi pada Agustus 2023. Berikut perkiraan tarif LRT Jabodebek setelah beroperasi, seperti tertera dalam grafik.

Reporter: Nadya Zahira

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...