Sederet Gerai Transmart yang Tutup Permanen, Terbaru di Blok M Square

Nadya Zahira
24 Juli 2023, 13:34
Petugas keamanan melintas di gerai Transmart yang tutup di ITC Kuningan Jakarta Selatan, Rabu (25/1).
Nadya Zahira/Katadata
Petugas keamanan melintas di gerai Transmart yang tutup di ITC Kuningan Jakarta Selatan, Rabu (25/1).

Pusat perbelanjaan Transmart sedang hangat dibicarakan oleh warganet di twitter karena beberapa gerainya yang sudah sepi hingga tutup permanen. Padahal pusat perbelanjaan tersebut menyediakan berbagai aneka ragam produk dan juga tempat mainan.

Salah satu akun twitter @dondihananto menilai adanya fenomena penutupan ritel Transmart tersebut karena banyaknya masyarakat yang sudah mulai beralih ke belanja online. Dengan demikian, sangat sedikit orang yang tertarik untuk berbelanja langsung mengunjungi Transmart.

"Jadi orang-orang belanja grocery sekarang ke mana sih? Segitu gedenya pergeseran ke online?. Asli ini customer behaviour yang gue belum paham arahnya," tulisnya dalam twitter dikutip Senin (24/7).

Cuitan tersebut mendapatkan lebih dari 13 ribu likes dan hampir 2.000 komentar pada Senin (24/7).

Sebelumnya, akun twitter @Strategi_Bisnis juga menyampaikan dalam cuitannya, menurut dia banyaknya gerai Transmart yang sepi dan tutup karena para konsumen menilai ritel besar ini mematok harga produk yang terlalu mahal.

“Pelanggannya price sensitive. Kalau tidak ada perubahan , banyak gerai Transmart yang akan tutup,” dikutip cuit akun twitter @Strategi_Bisnis 

Katadata.co.id pun memantau sejumlah gerai transmart yang sepi hingga tutup permanen di Jakarta dan Batam. Sebagian besar gerai tersebut tutup 2022.

Berikut daftar Transmart yang tutup:

1. Transmart Cabang ITC Kuningan

Salah satu gerai yang sudah tutup lebih awal adalah Transmart cabang ITC Kuningan, Jakarta Selatan. Pusat perbelanjaan di lantai UG sudah tutup permanen sejak 31 Oktober 2022. 

Katadata.co.id sebelumnya sudah melakukan penelusuran sejak 26 Januari 2023. Saat itu, terlihat bahwa semua produk-produk dan barang-barang sudah tidak ada lagi, hanya bangunan kosong. Namun papan spanduk bertuliskan “Transmart” masih terpampang jelas. 

Katadata.co.id saat itu juga menemui pengelola mal ITC Kuningan. Menurut salah seorang pegawai pengelola mal ITC Kuningan, bekas gerai Transmart tersebut akan direnovasi dan dijadikan perkantoran.

Namun demikian, pegawai yang enggan menyebutkan namanya tersebut tidak mau menjelaskan alasan Transmart tutup permanen. 

2. Transmart Blok M Square

Kabar terbaru, Transmart di Blok M Square juga sudah tutup permanen. Gerai ritel tersebut memang sudah sepi sejak lama.

Pada Januari 2023, Katadata.co.id telah memantau gerai Transmart di dalam Blok M Square tersebut. Berdasarkan pantauan saat itu, gerai Transmart memang sudah sepi pengunjung. Terpantau hanya dua orang pengunjung yang mendatangi tempat tersebut pada Rabu (25/1) pukul 11.30 WIB. 

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...