Uji Coba LRT Jabodebek dengan Penumpang Masih Ditunda, Ini Penyebabnya

Tia Dwitiani Komalasari
26 Juli 2023, 07:47
Kereta LRT (Light Rail Transit) melintas di Jakarta, Senin (17/7/2023). Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memutuskan menghentikan uji coba operasional terbatas LRT Jabodebek (Jakarta Bogor Depok Bekasi) mulai hari ini hingga 20 Juli 2023 karena perlu ad
ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah/foc.
Kereta LRT (Light Rail Transit) melintas di Jakarta, Senin (17/7/2023). Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memutuskan menghentikan uji coba operasional terbatas LRT Jabodebek (Jakarta Bogor Depok Bekasi) mulai hari ini hingga 20 Juli 2023 karena perlu ada penyempurnaan pada sistem software LRT.

Uji Coba operasional terbatas LRT Jabodebek dengan penumpang belum dapat dilaksanakan hingga waktu yang belum  ditentukan. LRT Jabodebek masih memerlukan upgrade system ATS yang bertujuan untuk meningkatkan kenyamanan bagi penumpang.

Sebelumnya, Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan menghentikan sementara uji coba LRT Jabodebek sejak 17 juli 2023. Uji coba LRT Jabodebek tersebut semula akan dibuka kembali pada tanggal 25 juli 2023. Namun demikian, hingga saat ini uji coba tersebut belum dilaksanakan.

Manager Humas LRT Jabodebek, Kuswardoyo, mengatakan upgrade system yang telah dilaksanakan berjalan dengan baik. Saat ini, LRT Jabodebek sedang melakukan trial run untuk mensinkronkan antara system ATS di kereta dan di stasiun.

"Masih ada beberapa hal yang belum pas antara stasiun dan kereta LRT Jabodebek, seperti pintu kereta dan pintu di stasiun yang belum presisi dan beberapa hal minor lainnya," kata Kuswardoyo kepada Katadata.co.id, Rabu (26/7).

Namun demikian, Kuswardoyo menjamin semua penumpang yang sudah mendaftarkan diri untuk mengikuti ujicoba operasional terbatas tetap akan dapat mengikuti kegiatan tersebut. 

Dia mengatakan, ujicoba operasional terbatas akan segera dilakukan ketika trial run sudah memberikan hasil seperti yang diharapkan.

"Semua pihak baik undangan maupun masyarakat umum yang telah mendaftarkan diri sebelumnya akan segera menerima pemberitahuan untuk pelaksanaannya," ujarnya.

LRT Jabodebek ditargetkan bakal beroperasi secara penuh pada 18 Agustus 2023 mendatang. Kementerian Perhubungan (Kemenhub) pun telah menetapkan besaran tarif moda transportasi teranyar di Tanah Air tersebut, meski belum diresmikan melalui keputusan menteri (kepmen) perhubungan.

Berikut rinciannya seperti tertera dalam grafik.

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...