Cina Mulai Groundbreaking di Kawasan Industri Kaltara Akhir 2023

Syahrizal Sidik
29 Juli 2023, 19:27
Korporasi Cina Mulai Groundbreaking Investasi di Kaltara Akhir 2023
ANTARA FOTO/Harviyan Perdana Putra/rwa.
Ilustrasi kawasan industri

Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia menyatakan investor Cina akan melakukan seremoni tanda dimulainya pembangunan atau groundbreaking di kawasan industri Kalimantan Utara akhir tahun ini. 

Menurut Bahlil, pemerintah sudah membahas mengenai investasi tersebut dengan 4 pucuk pimpinan perusahaan besar dari Cina yang yang akan melakukan investasi di kawasan industri Kaltara.

"Mereka akan melaksanakan ‘groundbreaking’ setelah beberapa syarat internal dari Cina selesai, kemungkinan besar Desember tahun ini,” kata Bahlil, seperti dikutip dari Antara, Sabtu (29/7).

Presiden Jokowi sebelumnya menginstruksikan agar jajaran menteri segera menindaklanjuti agar komitmen investasi dari Cina dapat terealisasi. Menurut Menteri Investasi, di kawasan industri Kaltara akan dibangun hilirisasi industri menggunakan Energi Baru dan Terbarukan untuk produk petrokimia, dan baterai mobil listrik.

"Saya pikir mereka akan kerja sama dengan Adaro dan ini akan diselesaikan bersama," ujar Bahlil.

Kepala negara sebelumnya menyampaikan jaminan ke jajaran pengusaha Cina mengenai komitmen Indonesia untuk menjaga iklim investasi tetap stabil dan berjalan dengan baik.

Hal itu diutarakan Jokowi dalam pertemuan bisnis bersama Kamar Dagang Indonesia di Cina dan sejumlah pengusaha setempat di Shang-ri La Hotel, Chengdu, Cina. Dalam kesempatan itu, Presiden mengimbau agar para investor tidak ragu mengutarakan kendala dihadapi saat berinvestasi di Indonesia.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...