Penjelasan Astra Honda Motor soal Viral Rangka Motor Keropos

Desy Setyowati
27 Agustus 2023, 08:14
ahm, motor honda patah, honda
Kemendag
Kemendag panggil direksi AHM

Viral di media sosial rangka enhanced Smart Architecture Frame atau eSAF motor Honda keropos dan mudah patah. Direktur Produksi Astra Honda Motor atau AHM David Budiono pun memberikan penjelasan terkait hal ini.

David mengatakan, Astra Honda Motor atau AHM memang pernah menerima beberapa pengaduan konsumen yang mengalami kendala atas penggunaan sepeda motor Honda rangka eSAF. Hal ini telah diselesaikan di bengkel-bengkel resmi AHM.

Mengenai keluhan konsumen, AHM telah melakukan investigasi bahwa rangka sepeda motor patah akibat sering terkena air laut. Namun, sepeda motor yang dimaksud merupakan produk lama dan bukan rangka jenis eSAF.

Sepeda motor tersebut sudah diperbaiki sendiri oleh konsumen. Hal ini ia sampaikan saat bertemu dengan Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga atau Ditjen PKTN Kementerian Perdagangan alias Kemendag.

“Masalah yang nampak seperti karat yang menempel pada rangka sepeda motor yang dikeluhkan, merupakan silikat yang berfungsi melapisi hasil pengelasan, sehingga membantu dalam mencegah terjadinya oksidasi atau karat pada rangka, serta membuat hasil pengelasan lebih optimal,” ujar David dalam keterangan pers, Sabtu (26/8).

“Dalam proses produksi, hal ini sesuatu yang normal dan tidak berbahaya. Pemilik sepeda motor baru tidak perlu khawatir, karena tidak berpengaruh pada kenyamanan dan keamanan berkendara,“ David menambahkan.

Pelaksana tugas atau Plt Dirjen PKTN Moga Simatupang mengatakan, instansinya meminta Astra Honda Motor atau AHM untuk selalu memprioritaskan hak konsumen selalu memprioritaskan hak konsumen. Moga juga mengatakan, konsumen yang mengalami kendala dalam penggunaan produk AHM, dapat menghubungi:

  • Layanan telepon 1-500-989
  • Email: [email protected]
  • SMS 0811-9-500-989
  • Mendatangi bengkel resmi AHM terdekat

“Konsumen yang mengalami rangka eSAF motor rusak dapat langsung melapor ke AHM melalui berbagai kanal yang tersedia,“ kata Moga.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...