PUPR Lelang Ulang Tol Getaci Kuartal Terakhir 2023, Dokumen Disiapkan

Andi M. Arief
29 Agustus 2023, 17:54
tol getaci, tol, pupr
ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/foc.
Foto udara Simpang Susun Cileunyi yang menyambungkan Jalan Tol Pubaleunyi dan Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) di Cileunyi, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Kamis (14/4/2022). Kementerian PUPR akan melelang ulang proyek Tol Getaci tahun ini.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan proyek konstruksi Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap atau Getaci akan dilelang lagi pada kuartal akhir 2023. Pemerintah kini masih mengkaji ulang seluruh dokumen teknis dan finansial proyek tersebut.

Direktur Jenderal Pembiayaan Infrastruktur Kementerian PUPR Herry Trisaputra Zuna menargetkan waktu pelelangan jalan bebas hambatan tersebut secepat mungkin. Waktu lelang sangat tergantung dari proses pengkajian dokumen proyek tersebut.

"Tol Getaci akan dilelang pada paruh kedua 2023, kalau bisa lebih awal. Kami kejar tahun ini harusnya lelang," kata Herry di Hotel Mandarin Oriental, Selasa (29/8).

Herry mengatakan proyek yang akan dilelang adalah konstruksi Tol Getaci Tahap I. Tahap pertama tol tersebut menghubungkan Gedebage hingga Ciamis.

Berdasarkan data Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), total panjang Tol Getaci mencapai 206,65 kilometer (Km). Total investasi yang ditanam pada proyek tersebut ditaksir mencapai Rp 56,2 triliun.

Adapun, biaya konstruksi tahap pertama mencapai Rp 23,02 triliun. Secara rinci, konstruksi Tahap I Tol Getaci adalah pembangunan Seksi 1 Gedebage-Garut Utara sepanjang 45,2 Km dan Seksi 2 Garut Utara-Tasikmalaya sepanjang 50,32 Km.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...