RI Ajak Negara Asia-Afrika Bikin Lembaga untuk Atasi Sengketa Dagang

Ameidyo Daud Nasution
17 Oktober 2023, 17:10
perdagangan, sengketa dagang, aalco
Katadata
Direktur Jenderal Administrasi Hukum Umum Kemenkumham Cahyo R Muzhar menyampaikan kata sambutan dari Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna Laoly pada sesi Investing in Indonesia: Strengthening The Legal Regime and Infrastructure to Support The Business Environment, and to Ensure Legal Certainty in the Settlement of Disputes yang merupakan rangkaian kegiatan Asian-African Legal Consultative Organization (AALCO) 2023 di Bali, Selasa (17/10/2023).

Pemerintah Indonesia mendorong negara anggota Asian African Legal Consultative Organization (AALCO) untuk membentuk badan khusus. Tujuannya, menyelesaikan sengketa dalam perkara perdata dan hukum bisnis di lingkup negara Asia-Afrika.

Upaya itu bertujuan untuk mengurangi ketergantungan terhadap organisasi-organisasi perdagangan antar negara yang selama ini dikomandoi oleh lembaga di bawah naungan Eropa. Beberapa di antaranya World Trade Organization (WTO), Hague Conference dan United Nations Commission International Trade Law atau UNCITRAL.

Direktur Jenderal Administrasi Hukum Umum Kemenkumham, Cahyo Rahardian Muzhar, mengatakan bahwa usulan tersebut merupakan inisiatif Indonesia untuk meningkatkan nilai perdagangan di kawasan Asia-Afrika.

Pengajuan proposal tersebut juga merupakan inisiatif Indonesia dalam menyambut momentum sebagai tuan rumah forum AALCO ke-61. Badan khusus tersebut diharapkan membangun kesamaan pandang negara anggota AALCO

"Rezim hukum internasional yang mengatur tentang keperdataan dan masalah perdagangan itu rata-rata memang dinegosiasikan dulu oleh negara-negara maju, dalam artian negara-negara Barat," kata Cahyo di Nusa Dua Convention Center (NDCC), Bali, Selasa (17/10).

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...