Transaksi Jakarta Muslim Fashion Week 2024 Naik 52,3 Persen

Safrezi Fitra
22 Oktober 2023, 15:07
Jakarta Muslim Fashion Week, Jakarta Muslim Fashion Week 2024, JMFW 2024, Transaksi Jakarta Muslim Fashion Week 2024 Naik 52,3 Persen
Kementerian Perdagangan
Jakarta Muslim Fashion Week (JMFW) 2024

Penyelenggaraan even Jakarta Muslim Fashion Week (JMFW) 2024 bisa dibilang sukses dari total transaksi yang dihimpun. Kementerian Perdagangan (Kemendag) mencatat JMFW 2024 berhasil membukukan transaksi US$20,1 juta atau setara Rp320 miliar selama pelaksanaan pada 19-21 Oktober 2023, di ICE BSD, Tangerang, Banten.

Capaian ini lebih tinggi 52,3 persen dari perolehan yang didapat pada even serupa tahun lalu. Total transaksi yang didapat pada JMFW 2023 tercatat sebesar US$13,2 juta atau sekitar Rp206,6 miliar. Transaksi ini diperoleh dari 16 negara, antara lain Malaysia, Spanyol, Yaman, Portugal, Nigeria, dan lainnya.

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengapresiasi kemajuan yang dicapai gelaran JMFW 2024 yang digelar berdampingan dengan ajang Trade Expo Indonesia 2023. Tahun ini, JMFW diikuti lebih dari 214 desainer yang menampilkan lebih dari 1.000 koleksi.

"JMFW 2024 telah berhasil membuktikan menjadi ikon kolaborasi pemangku kepentingan fesyen dari hulu ke hilir, tidak hanya pemerintah, tetapi juga pelaku bisnis, akademisi, perbankan, serta media," ujar Direktur Jendral Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan Didi Sumedi dalam keterangan tertulis, di Jakarta, Minggu (22/10).

Didi mengatakan kesuksesan ini menjadi bentuk kepercayaan buyer internasional terhadap keunggulan produk fesyen modest Tanah Air. Transaksi JMFW 2024 berasal dari buyer dalam negeri dan luar negeri, di antaranya dari Amerika Serikat, Korea Selatan, Prancis, Uni Emirat Arab (UEA), Malaysia, Oman, Lebanon, Arab Saudi, Somalia, Bangladesh, dan Afrika Selatan.

Dalam penutupan JMFW 2024, Sabtu (21/10), Didi juga menyaksikan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara Am by Anggiasari dengan Susan Erni Dietch mengenai transaksi fesyen modest Indonesia di Amerika Serikat.

Selain itu, terdapat juga penandatanganan Pernyataan Bersama (Joint Statement) antara Amal Sultan dari L'adresse Paris Agency dengan 7 jenama Indonesia, yakni IKYK, Artkea, 3Mongkis, Long Story Short, Christin Wu, Aidan and Ice, serta BLP Beauty. Melalui pernyataan bersama ini, Amal Sultan akan membantu melakukan promosi fesyen modest ke pasar Eropa.

JMFW merupakan ajang yang diinisiasi Kementerian Perdagangan dan bekerja sama dengan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Indonesia. Selain fesyen muslim, JMFW menampilkan produk dari industri pendukung lainnya seperti tekstil, kosmetik, perhiasan, aksesori, dan produk gaya hidup. JMFW juga menghadirkan pameran dagang serta penjajakan bisnis (business matching)

JMFW tahun ini memberikan wadah aktualisasi bagi desainer-desainer muda, termasuk, akademisi melalui kerja sama dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi yang menampilkan karya dari 37 desainer muda dari 12 satuan pendidikan vokasi. JMFW juga menjadi saksi lahirnya generasi baru dalam dunia fesyen dengan dilaksanakannya wisuda 20 siswa Islamic Fashion Institute serta peragaan busana karya para siswa tersebut.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...