Toyota Akan Gandeng CATL Bangun Pabrik Baterai Listrik

Image title
Oleh Maryadi
25 Oktober 2023, 07:00
Toyota di ajang Japan Mobility Show, Rabu (25/10/2023)
Katadata/Yuliawati
Toyota di ajang Japan Mobility Show, Rabu (25/10/2023)

TOKYO - Toyota berencana membangun pabrik baterai mobil listrik di Indonesia. Pembangunan industri baterai listrik ini dengan menggandeng produsen baterai listrik asal Cina, Contemporary Amperex Technology Co. Ltd (CATL).

"Ya tentu saja kami akan membangun industri baterai di Indonesia. Selama ini Toyota sudah bekerja sama dengan CATL (Contemporary Amperex Technology Co Limited). Tentu saja kami akan mengajaknya," kata Yoshiki Konishi President and Executive Chief Engineer Toyota Daihatsu Engineering and Manufacturing Co Ltd (TDEM) saat berbincang dengan wartawan di Tokyo, Jepang, dikutip Rabu (25/10).

Konishi menyampaikan ini setelah Diskusi Media Toyota Asia, di Keoi Plaza Hotel, Shinjuku, Tokyo. Acara diskusi digelar jelang Japan Mobility Show atau JMS 2023 yang akan dibuka untuk publik mulai, Kamis, 26 Oktober hingga Minggu, 5 November 2023.

Hingga kini, Toyota dan CATL telah berpartner sejak beberapa tahun lalu untuk membangun industri baterai. "Kita tidak bisa sendirian untuk membangun ekosistem ini. Tentunya kita akan mengajak yang selama ini telah berpartner dengan kami," ujarnya.

Konishi mengatakan pembangunan industri baterai listrik tidak hanya melayani kebutuhan untuk Toyota saja. Toyota dan CATL akan bekerjasama dengan industri mobil listrik lainnya. "Tentu saja. Kita berbicara tentang ekosistem. Semua mesti terlibat," kata dia.

Toyota punya komitmen yang kuat untuk mengurangi emisi karbon. Konishi mengungkapkan selama melakukan perbincangan dengan pemerintah, Toyota selalu mengatakan apa yang bisa mereka bantu untuk Indonesia. "Dukungan apa yang dibutuhkan dari kami, tentunya kami akan siap."

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...