Deretan Mobil Konsep Ramah Lingkungan di Japan Mobility Show 2023

Yuliawati
Oleh Yuliawati
26 Oktober 2023, 06:45
Mobil konsep Daihatsu Osanpo yang dipamerkan di ajang Japan Mobility Show atau JMS 2023 di di Tokyo Big Sight, Jepang, Rabu, 25 Oktober 2023.
Katadata/Yuliawati
Mobil konsep Daihatsu Osanpo yang dipamerkan di ajang Japan Mobility Show atau JMS 2023 di di Tokyo Big Sight, Jepang, Rabu, 25 Oktober 2023.

TOKYO - Produsen otomotif Jepang memperkenalkan berbagai konsep kendaraan yang ramah lingkungan pada ajang Japan Mobility Show atau JMS 2023. Pameran ini digelar di Tokyo Big Sight, Jepang, selama 26 Oktober hingga 5 November 2023.

Konsep kendaraan ramah lingkungan tersebut dalam bentuk kendaraan berbasis baterai listrik (battery electric vehicle atau BEV) dan hybrid atau Plug In Hybrid Electric Vehicle (PHEV).

Selain menawarkan sistem kendaraan yang ramah lingkungan, produsen juga membuat konsep kendaraan yang nyaman, menyenangkan dan futuristik. "Salah satu contohnya adalah membuat mobil dengan pusat gravitasi yang rendah dan interior yang lapang, yang sangat sulit diterapkan di masa lalu," kata Presiden dan CEO Toyota Motor Corp Koji Sato, di ajang JMS, Rabu (25/10).

Berikut beragam konsep kendaraan listrik ramah lingkungan yang diperkenalkan oleh Toyota, Daihatsu dan Mitsubishi di ajang JMS 2023:

1. Mobil Konsep Besutan Daihatsu 

Daihatsu Motor.co memperkenalkan lima mobil konsep dalam ajang pameran JMS 2023. Daihatsu memamerkan konsep kendaraan masa depan sekaligus untuk memenuhi kebutuhan pelanggan yang peduli dengan lingkungan.

“Daihatsu ingin selalu dekat dengan pelanggan dan membuat mereka menjadi lebih berharga, saatnya isu lingkungan dan perubahan iklim sebagai tema utama dari beberapa produk yang ditampilkan,” kata Chief Coordinator, Marketing, Sales and Promotion Daihatsu Motor, Takao Kunita, di Tokyo Big Sight, Rabu (25/10).

Berikut deretan mobil konsep kendaraan listrik besutan Daihatsu yang diperkenalkan di JMS 2023:

  • Me:MO

Me:Mo merupakan BEV untuk penumpang berukuran mini yang menyasar anak muda. Me:Mo merupakan jenis kei car atau kendaraan mini dengan panjang kurang dari tiga meter.

Me:Mo merupakan akronim dari me dan mobility. "Artinya Me-Mo mendukung penggunanya untuk menjadi diri sendiri," kata Direktur Marketing dan Direktur Corporate Planning & Communication Astra Daihatsu Motor, Sri Agung Handayani.

Daihatsu mengusung desain modular yang memberikan kebebasan bagi pemiliknya menyusun dan mengubah bagian eksterior kendaraan. Bagian badan luar mobil bisa ditempel semacam balok secara personal sesuai gaya konsumen.

Mobil konsep Daihatsu Me:Mo yang dipamerkan di ajang Japan Mobility Show atau JMS 2023 di di Tokyo Big Sight, Jepang, Rabu, 25 Oktober 2023.
Mobil konsep Daihatsu Me:Mo yang dipamerkan di ajang Japan Mobility Show atau JMS 2023 di di Tokyo Big Sight, Jepang, Rabu, 25 Oktober 2023. (Katadata/Yuliawati)
  • Uniform Truck dan Uniform Cargo

Uniform truck dan Uniform cargo merupakan BEV yang dapat digunakan sebagai kendaraan komersial dan niaga. Kendaraan ini memiliki desain ramping yang dikembangkan sesuai kebutuhan praktis.

Kendaraan ini juga memiliki fungsi catu daya BEV eksternal yang unik, sehingga memungkinkan beragam penggunaan seperti mobil toko keliling atau variasi mobil komersial masa depan lainnya.

Dimensi truk ini memiliki panjang 3,39 meter, lebar 1,47 meter dan tinggi 1,88 meter.

Mobil konsep Daihatsu Uniform Truck yang dipamerkan di ajang Japan Mobility Show atau JMS 2023 di di Tokyo Big Sight, Jepang, Rabu, 25 Oktober 2023.
Mobil konsep Daihatsu Uniform Truck yang dipamerkan di ajang Japan Mobility Show atau JMS 2023 di di Tokyo Big Sight, Jepang, Rabu, 25 Oktober 2023. (Katadata/Yuliawati)
  • Osanpo

Osanpo dalam bahasa Jepang memiliki arti jalan-jalan. Kendaraan BEV berukuran mini ini memiliki atap yang terbuka bagi pengemudi yang ingin menikmati suasana sekitarnya. "Mengusung tema santai dalam kehidupan sehari-hari," kata Kunita.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...