Pabrikan Motor Listrik Beri Diskon hingga Rp 11 Juta Bulan Depan

Andi M. Arief
27 Oktober 2023, 18:13
motor listrik, sepeda motor listrik
ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/hp.
Ilustrasi. Pemerintah memberikan insentif Rp 7 juta per unit untuk pembelian motor listrik.

Asosiasi Sepeda Motor Listrik Indonesia atau Aismoli akan memberikan diskon tambahan pembelian sepeda motor listrik hingga Rp 4 juta per unit. Diskon tersebut hanya berlaku selama tiga hari pada 28-30 November 2023 di Inabuyer EV Expo 2023.

Diskon tersebut merupakan tambahan dari diskon yang diberikan pemerintah senilai Rp 7 juta per unit. Dengan demikian, total diskon yang bisa dimanfaatkan masyarakat pada Inabuyer EV Expo 2023 mencapai Rp 11 juta per unit.

"Mungkin ada yang memberikan diskon hanya Rp 1 juta per unit. Kalau enggak salah sepeda motor listrik merek ALVA ada rencana memberikan diskon tersebut," kata Ketua Umum Aismoli Budi Setyadi di Kantor Kementerian Koperasi dan UKM, Jumat (27/10).

Budi menjelaskan diskon tambahan dalam Inabuyer EV Expo 2023 akan diberikan oleh Agen Pemegang Merek atau APM. Ia berharap pemberian diskon tersebut dapat meningkatkan animo masyarakat dalam memiliki sepeda motor listrik

Menurut Budi, diskon tersebut akan diberikan oleh 15 merek sepeda motor. Menurutnya, total tipe sepeda motor yang akan disajikan dalam pameran tersebut mencapai 38 jenis.

Ia mengatakan, pertimbangan pemberian diskon tersebut adalah pameran otomotif lainnya. Budi mencontohkan APM yang kerap memberikan diskon pada setiap Gaikindo Indonesia International Auto Show. "APM mereka kan berani, harapannya di Inabuyer juga ada hal yang sama," ujar Budi.

Budi menargetkan, total kunjungan dalam Inabuyer EV Expo 2023 mencapai 10.000 orang. Namun, ia berharap transaksi yang terjadi dalam pameran tersebut dapat lebih banyak lagi.

Ia mengatakan, pameran tersebut akan didatangi oleh perwakilan koperasi dari penjuru negeri. Budi mencontohkan satu koperasi yang telah berniat untuk membeli 400 unit sepeda motor listrik saat pameran tersebut.

Dengan demikian, Budi mengatakan populasi sepeda motor listrik di jalanan dapat bertambah mencapai 100.000 unit pada tahun ini. Budi yang juga menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan ini mendata total populasi sepeda motor listrik yang telah mengaspal sejak 2019 adalah 70.000 unit.

"Sebagai kick-off, kami akan roadshow di kota-kota potensial, tapi kota layer ketiga. Kami juga akan adakan sosialisasi pameran tersebut," ujarnya.

Reporter: Andi M. Arief
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...