Menhub Ragu Naikkan Tarif Batas Atas: Harga Tiket Pesawat Sudah Mahal

Andi M. Arief
7 November 2023, 17:39
harga tiket pesawat, tarif pesawat, menhub
ANTARA FOTO/INDRIANTO EKO SUWARSO
Ilustrasi. Pemerintah menilai, masih ada ruang untuk membahas tarif batas atas dan bawah harga tiket pesawat untuk perjalan domestik.

Pemerintah tengah mengkaji usulan maskapai untuk menaikkan tarif batas atas atau TBA harga tiket pesawat seiring harga avtur yang meningkat. Namun, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi masih ragu untuk menaikkan tarif batas atas karena mendengar keluhan masyarakat soal harga tiket pesawat yang saat ini sudah cukup tinggi. 

Budi mengatakan, sebagian Anggota Komisi V DPR mengeluhkan harga tiket pesawat saat ini sudah terlalu mahal. Ia akan melihat evaluasi tarif tiket pesawat saat ini secara rinci sebelum memberikan keputusan.

"Anggota Komisi V DPR mewakili masyarakat untuk menyatakan pendapat, bahwa harga pesawat terbang kini terlalu mahal. Kami akan bahas secara detail, terutama untuk daerah-daerah timur Indonesia yang mahal sekali," kata Budi di Gedung DPR, Selasa (7/11).

Budi menilai, masih ada ruang untuk membahas tarif batas atas dan bawah harga tiket pesawat untuk perjalan domestik. Namun, menurut dia, penghapusan TBA dan Tarif Batas Bawah tidak mungkin dilakukan.

Ia memastikan akan mendengar berbagai pandangan terkait evaluasi harga tiket pesawat. Ia akan meneliti performa industri penerbangan secara kuantitatif, tetapi tidak berjanji hasilnya terbit pada tahun ini.

Wakil Ketua Komisi V DPR Roberth Rouw meminta agar pemerintah mendorong harga tiket pesawat maskapai plat merah lebih kompetitif.  Roberth mengeluh harus merogoh kocek hingga Rp 18 juta untuk membeli tiket pesawat Garuda Indonesia tujuan Jakarta-Papua untuk satu kali perjalanan, jauh lebih mahal dibandingkan maskapai lain. 

"Itu membuat kami agak kecewa. Kami ingin harga tiket Garuda tidak naik," kata Roberth dalam rapat kerja bersama Menteri Perhubungan, Selasa (7/11).

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...