Mendag Zulhas: Aksi Boikot Produk Israel adalah Hak Masyarakat

Andi M. Arief
27 November 2023, 16:49
boikot israel, israel, zulkifli hasan
ANTARA FOTO/Arnas Padda/YU
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (ketiga kiri) berpendapat aksi boikot tersebut merupakan bentuk pendapat penyampaian pendapat masyarakat.

Sebagian masyarakat Indonesia memboikot sejumlah barang-barang yang dinilai terafiliasi dengan Israel. Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menilai, keputusan boikot sepenuhnya merupakan hak konsumen atau masyarakat. 

"Hak masyarakat  untuk tidak membeli produk-produk yang dinilai terafiliasi dengan Israel. Pemerintah tidak ada boikot produk apapun," kata Zulhas di Gedung DPR, Senin (27/11).

Advertisement

Zulhas berpendapat aksi boikot tersebut merupakan bentuk pendapat penyampaian pendapat masyarakat. Ia pun tidak menjelaskan lebih lanjut terkait daftar produk-produk yang dinilai terafiliasi dengan Israel.

Asosiasi Pengusaha Pemasok Pasar Modern Indonesia atau AP3MI memperkirakan, aksi boikot produk yang terafiliasi dengan Israel berpotensi menggerus transaksi di pasar modern hingga 50%. Mayoritas barang yang ada dalam daftar boikot merupakan produk pareto.

Produk pareto adalah barang yang berkontribusi hingga 80% dari total barang di pasar modern, tetapi kontribusi ke transaksi hanya 20%. Produk pareto pada umumnya  adalah produk konsumer seperti shampo, susu balita, dan minuman ringan.

"Kami belum melakukan penelitian terkait dampak boikot tersebut, jadi belum bisa komentar," kata Sekretaris Jenderal AP3MI Uswati Leman Sudi.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement