Program Rice Cooker Gratis: Cosmos Siapkan 170 Ribu Unit, Ini Tipenya

Agustiyanti
29 November 2023, 07:42
rice cooker, cosmos
ANTARA FOTO/Andri Saputra/foc.
Pekerja menata alat masak nasi listrik atau rice cooker yang dijual di salah satu tokoh di Kota Ternate, Maluku Utara, Kamis (12/10/2023). Pemerintah melalui Kementerian ESDM akan membagikan sebanyak 500 ribu unit rice cooker gratis kepada masyarakat yang tertuang dalam Peraturan Menteri (Permen) ESDM Nomor 11 Tahun 2023 tentang Penyediaan Alat Memasak Berbasis Listrik bagi rumah tangga. Program tersebut bertujuan untuk mengurangi impor elpiji yang digunakan untuk memasak, meningkatkan konsumsi perkapita, s

Produsen peralatan elektronik rumah tangga, Cosmos menyatakan akan berpartisipasi dalam program rice cooker gratis dengan menyiapkan sebanyak 170 ribu unit penanak nasi. Ada empat tipe penanak nasi yang diajukan dalam program tersebut. 

Presiden Direktur PT Star Cosmos Dharma Surjaputra mengatakan, Cosmos tidak akan langsung menjual rice cooker kepada pemerintah. Proses tender diikuti oleh distributor mereka yang tersebar di seluruh Indonesia. 

"Kami hanya support barang. Saat ini, kami siap dukung 170 ribu unit. Namun jika dibutuhkan, mungkin bisa kami tambah lagi," ujar Dharma kepada Katadata.co.id, Selasa (28/11). 

Ia menjelaskan, harga unit yang diajukan dan proses pengiriman akan ditentukan oleh distributor yang berpartisipasi dalam lelang. Ada empat tipe rice cooker yang akan diajukan oleh distributor untuk ikut serta dalam tender tersebut karena berkaitan dengan tingkat kandungan dalam negeri atau TKDN. Tiga di antaranya sudah memiliki sertifikat, sedangkan satu tipe rice cooker masih dalam proses sertifikasi.

Keempat tipe rice cooker tersebut, yakni CRJ 3307, CRJ 3395, CRJ 3232 dan CRJ 323s. Berdasarkan pantauan Katadata.co.id, keempat tipe rice cooker tersebut dijual dengan harga di bawah Rp 300 ribu di e-commerce.  

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...