Daftar 12 Perjalanan KA Terdampak akibat Rel Kereta Tertimbun Longsor

Andi M. Arief
4 Desember 2023, 14:17
KAI, tanah longsor
KRL Commuter
Ilustrasi. KAI mengalihkan seluruh perjalanan yang melewati Purwokerto akibat dua kejadian tanah longsor sejak dini hari ini, Senin (4/12).

PT Kereta Api Indonesia atau KAI mengalihkan seluruh perjalanan yang melewati Purwokerto akibat dua kejadian tanah longsor sejak dini hari ini, Senin (4/12). Setidaknya, ada 12 perjalanan yang dialihkan melalui jalur utara yang melintasi Semarang dan jalur selatan dengan melintasi Bandung.

Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo mengatakan, longsoran pertama terjadi sekitar pukul 01.00 WIB di Daerah Operasi V Purwokerto. Menurutnya, longsoran di kawasan tersebut sedang ditangani oleh KAI.

Advertisement

"Jalur Purwokerto ke Bandung kami hentikan dulu dan kami alihkan melalui Cirebon, artinya memutar. Hal-hal seperti ini harus kami antisipasi dan sekarang sedang dalam penanganan," kata Didiek dalam rapat dengar pendapat bersama Komisi VI DPR, Senin (4/12).

Longsor pertama terjadi pukul 00.58 WIB di jalur hulu karena curah hujan tinggi. sedangkan longsoran kedua terjadi pukul 04.27 WIB pada jalur hilir. Dengan demikian, akses ke Stasiun Purwokerto pada pagi ini tertutup total oleh tanah.

Didiek mengatakan, pihaknya telah menyiapkan alat dan material jika longsor kembali terjadi untuk menghadapi musim Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. Menurutnya, persiapan tersebut dapat mempercepat waktu penanganan di sekitar area jalur kereta api.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement