Penyaluran Tahap I, Pos Indonesia Siap Kirim 53.161 Rice Cooker Gratis

Agustiyanti
5 Desember 2023, 10:57
rice cooker, rice cooker gratis
ANTARA FOTO/Andri Saputra/foc.
Pekerja memperlihatkan alat masak nasi listrik atau rice cooker yang dijual di salah satu tokoh di Kota Ternate, Maluku Utara, Kamis (12/10/2023).Pemerintah melalui kementerian ESDM akan membagikan sebanyak 500 ribu unit rice cooker gratis kepada masyarakat, yang tertuang dalam Peraturan Menteri (Permen) ESDM Nomor 11 Tahun 2023 tentang Penyediaan Alat Memasak Berbasis Listrik bagi rumah tangga. Program tersebut bertujuan untuk mengurangi impor elpiji yang digunakan untuk memasak, meningkatkan konsumsi per

PT Pos Indonesia menyatakan siap melaksanakan penyaluran program rice cooker gratis tahap pertama. Sebanyak 53.161 unit rice cooker akan disalurkan kepada rumah tangga yang tersebar di seluruh Indonesia.

EVP Regional 2 Jabodeabek dan Banten PT Pos Indonesia Dino Aryadi memastikan bahwa pihaknya sudah siap untuk mengirimkan rice cooker gratis kepada para penerima. Namun, perusahaan masih menunggu data penerima dari penyedia alat masak listrik tersebut. 

"Kami pasti akan segera lakukan pick up setelah seluruh data lengkap kami terima," kata dia kepada Katadata.co.id, Selasa (5/12).

Ia menjelaskan, yerdapat 53.161 penanak nasi listrik yang akan disalurkan kepada masyarakat pada tahap pertama program rice cooker gratis. PT Pos Indonesia menjadi satu-satunya perusahaan logistik yang akan menyalurkan produk rice cooker gratis.

Menurut dia, pengiriman rice cooker hingga ke tangan masyarakat membutuhkan waktu 3 hari hingga 14 hari. Lama waktu pengiriman tergantung pada lokasi penerima. 

"Penerima tersebar di seluruh Indonesia. Yang pasti, penerima tidak dikenakan biaya karena sudah ditanggung oleh penyedia," kata dia. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...