Hindari Tol Padaleunyi KM 149 yang akan Ditutup Sementara Malam Ini

Image title
1 Januari 2024, 13:08
Ilustrasi. Foto udara kendaraan melintas di Jalan Tol Trans Jawa Ruas Srondol-Jatingaleh, Semarang, Jawa Tengah, Jumat (29/12/2023). PT Jasamarga Transjawa Tol mencatat volume kendaraan arus balik melalui wilayah Jateng via Gerbang Tol (GT) Kalikangkung S
ANTARA FOTO/Makna Zaezar/aww.
Ilustrasi. Foto udara kendaraan melintas di Jalan Tol Trans Jawa Ruas Srondol-Jatingaleh, Semarang, Jawa Tengah, Jumat (29/12/2023). PT Jasamarga Transjawa Tol mencatat volume kendaraan arus balik melalui wilayah Jateng via Gerbang Tol (GT) Kalikangkung Semarang menuju Jakarta per 25-27 Desember 2023 yakni sebanyak 87.044 kendaraan atau naik 85,95 persen dan untuk kendaraan menuju Semarang sebanyak 75.801 kendaraan atau naik 62,97 persen dari lalu lintas normal biasanya. Bagian dari tol Trans Jawa, Tol Pada
Button AI Summarize

PT Jasa Marga Tbk mengumumkan akan menutup sementara akses Tol Padaleunyi di kilometer 149 mulai malam ini, Senin (1/1) pukul 22.00. Penutupan tersebut dilakukan untuk menjamin keselamatan pengguna jalan karena ada perbaikan jembatan pada akses keluar-masuk KM 149.

Senior General Manager Jasamarga Metropolitan Tollroad Regional Division Widiyatmiko Nursejati dalam keterangan resmi mengatakan penutupan ini sesuai dengan Instruksi Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR melalui surat No. BM.07.02-P/905 tanggal 29 Desember 2023.

Ia mengatakan selama penutupan sementara berlangsung, Jasa Marga akan terus berkoordinasi dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). "Untuk mendukung pemenuhan kelayakan operasional jalan akses km 149 tersebut, sebelum dapat beroperasi secara penuh kembali dengan diserahterimakan oleh Kementerian PUPR kepada Jasa Marga," kata dia.

Penutupan ini dilakukan di tengah puncak arus balik libur Natal dan Tahun Baru 2024, untuk itu ia mengimbau masyarakat pengguna jalan tol untuk tetap waspada. "Jasa Marga mengimbau pengguna jalan untuk selalu mengantisipasi perjalanan dengan memastikan fisik dan kendaraan dalam kondisi prima, kecukupan saldo uang elektronik," kata dia.

Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana mengimbau masyarakat menghindari perjalanan pulang pada tanggal 1 dan 2 Januari 2024 agar tidak terjebak kemacetan.

Jasa Marga sebelumnya memprediksi total kendaraan yang kembali ke Jabodetabek sekitar 140 ribu kendaraan, meningkat 28% dari puncak arus mudik Nataru periode sebelumnya yang tercatat sebanyak 110 ribu kendaraan.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...