Tabrakan KA Turangga: 4 Pegawai KAI Tewas, Seluruh Penumpang Selamat

Agustiyanti
5 Januari 2024, 13:33
kecelakaan kereta, kecelakaan kereta api, ka turangga
ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/YU
Foto udara kereta api lokal Bandung Raya yang bertabrakan dengan kereta api Turangga di Cicalengka, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Jumat (5/1/2024). Hingga saat ini petugas masih mengidentifikasi penyebab kecelakaan tersebut serta masih mendata korban baik yang luka serta meninggal dunia.
Button AI Summarize

PT Kereta Api Indonesia atau KAI menyebut terdapat empat korban jiwa dalam kecelakaan kereta api di Cicalengka, Bandung. Keempat korban tabrakan KA Turangga dan KA Commuterline ada para pegawai KAI, sedangkan seluruh penumpang selamat dalam insiden tersebut. 

"Kami sangat berduka atas meninggalnya sejumlah petugas KA akibat kecelakaan tersebut. Kami sangat mengapresiasi jasa mereka yang telah berkontribusi terhadap perusahaan," ujar EVP of Corporate Secretary KAI Raden Agus Dwinanto Budiadji seperti dikutip dalam siaran pers. 

Raden menjelaskan keempat korban terdiri dari masinis, asisten masinis, pramugara dan security. DI sisi lain, menurut dia, seluruh penumpang yang terdiri dari 287 orang penumpang KA Turangga dan 191 penumpang KA Commuterline selamat. Namun, ada sekitar 22 penumpang yang mengalami luka ringan dan dibawa ke rumah sakit terdekat, dengan rincian sebagai berikut:

- RSUD Cicalengka 18 orang
- RS Edelweis 2 Orang
- RS AMC 2 Orang 

Ia menjelaskan, para penumpang yang selamat dan telah dievakuasi, langsung dibawa ke stasiun terdekat untuk melanjutkan perjalanan menggunakan transportasi yang KAI sediakan. 

"Saat ini, seluruh tim kami beserta pihak-pihak terkait seperti TNI/Polri, Basarnas, DJKA Kemenhub, KNKT, dan pihak-pihak lain sedang melakukan upaya penanganan kecelakaan kedua kereta tersebut," kata dia.

Adapun KAI tengah melakukan upaya rekayasa pola operasi berupa jalan memutar dan pengalihan menggunakan angkutan lain untuk mengatasi perjalanan sejumlah rangkaian KA lainnya yang akan melintas di jalur tersebut.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...