Lokasi Kecelakaan Kereta Turangga, Jalur Ganda Cicalengka Rampung 2024

Agustiyanti
7 Januari 2024, 15:55
kecelakaan kereta, ka turangga, kecelakaan kereta api
ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/YU
Foto udara kereta api lokal Bandung Raya yang bertabrakan dengan kereta api Turangga di Cicalengka, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Jumat (5/1/2024). Hingga saat ini petugas masih mengidentifikasi penyebab kecelakaan tersebut serta masih mendata korban baik yang luka serta meninggal dunia.
Button AI Summarize

Tabrakan kereta antara KA Turangga dan KRL Bandung Raya terjadi di jalur petak Stasiun Cicalengka Kecamatan Cicalengka, Kabupaten Bandung, Jawa Barat pada Jumat (5/1).  Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat Bey Triadi Machmudin mengatakan, pembangunan jalur kereta api ganda di petak lokasi kecelakaan kereta tersebut akan rampung pada pertengahan 2024. 

Lokasi kecelakaan di petak jalur Stasiun Haurpugur dan Stasiun Cicalengka di Kabupaten Bandung ini memang terdiri dari satu jalur saja hingga menyulitkan dan menghambat laju lalu lintas kereta api.

"Kata Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan,  double track semua jalur kereta di Bandung sudah beres pada semester 1 tahun 2024," kata Bey di Kantor PT KAI, Bandung, Jawa Barat, seperti dikutip dari Antara, Minggu (7/1). 

Hal senada diungkapkan Direktur Utama  PT KAI Didiek Hartantyo. Ia mengatakan bahwa PT KAI juga akan meningkatkan sistem persinyalan di proyek jalur ganda tersebut. Menurut dia, hal tersebut akan dilakukan untuk  seluruh wilayah jalur KA di Bandung Raya yang  diperkirakan rampung pada semester 1 tahun 2024. Kendala pembebasan lahan saat ini telah terselesaikan.

"Kendala memang pembebasan lahan. Jadi double track ini, termasuk peningkatan sistem persinyalan yang tadi mekanik elektrik, ini jalur di Bandung untuk double track semester 1 ini selesai semua tinggal satu petak lagi, jadi Juni insya Allah selesai," katanya.

Kecelakaan kereta api terjadi antara Kereta Api Turangga (Surabaya-Bandung) dan Kereta Api Commuter Line Bandung Raya (Padalarang-Cicalengka) di petak jalan antara Stasiun Haurpugur dan Stasiun Cicalengka pada Jumat (5/1) sekitar pukul 06.00 WIB. Dalam kecelakaan ini, empat korban meninggal dunia, terdiri atas masinis, asisten masinis, pramugara, dan Polsuska yang tengah bertugas di kereta.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...