Pesawat Beoing 737 MAX 9 Dilarang Terbang, Lion Air Uji Pintu Darurat

Andi M. Arief
9 Januari 2024, 15:31
Lion air, boeing 737 max 9
ANTARA FOTO/REUTERS/Karen Ducey/foc/cf
Karen Ducey Pesawat Boeing 737 MAX mendarat setelah uji coba penerbangan di Boeing Field di Seattle, Washington, Amerika Serikat, Senin (29/6/2020).
Button AI Summarize

Maskapai penerbangan Lion Air tengah melakukan inspeksi pintu darurat bagian tengah pesawat Boeing 737 MAX 9 miliknya. Langkah ini ditempuh pasca terbukanya jendela dan pintu darurat pesawat tipe yang sama milik Alaska Airlines di Amerika Serikat pada Jumat lalu. 

Corporate Communications Strategic of Lion Air Danang Mandala Prihantoro menyebut inspeksi telah dilakukan sejak peristiwa itu terjadi. Perusahaan saat ini mengoperasikan tiga unit Boeing 737 MAX 9. 

"Pengujian saat ini melibatkan mid cabin exit flight lock operasional test untuk memenuhi standar keselamatan penerbangan yang ketat," kata Danang dalam keterangan resmi yang diterima Katadata.co.id, Selasa (9/1).

Mid cabin exit flight lock operasional test adalah langkah pemeriksaan pintu darurat bagian tengah pesawat terbang. Danang mengatakan pengujian ini untuk memastikan mekanisme penguncian pintu darurat berfungsi baik demi keselamatan dan keamanan penerbangan.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...