Tol JORR II akan Tersambung Penuh pada Maret 2024

Andi M. Arief
10 Januari 2024, 11:41
Tol JORR II, JOR II, Tol, basuki, kementerian PUPR
ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah/aww.
Foto udara tol Cimanggis-Cibitung seksi I di Depok, Jawa Barat, Minggu (8/11/2020). Pembangunan jalan tol Cimanggis-Cibitung merupakan Proyek Strategis Nasional (PSN) untuk pemulihan ekonomi Nasional yang terpuruk akibat pandemi COVID-19 dan bagian dari enam ruas jalan tol JORR II (Jakarta Outer Ring Road) untuk mengurai kemacetan di kawasan Jabodetabek.
Button AI Summarize

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono mengatakan seluruh jaringan tol JORR II akan tersambung pada Maret 2024.Penyelesaian JORR II molor hingga tiga bulan dari target yang ditetapkan pada tahun lalu.

Badan Pengatur Jalan Tol atau BPJT mendata JORR II terdiri dari enam ruas tol, yakni Tol Cengkareng-Kunciran, Kunciran-Serpong, Serpong-Cinere, Cinere-Jagorawi, Cimanggis-Cibitung, dan Cibitung-Cilincing. Alhasil, total panjang JORR II mencapai 111 kilometer.

Basuki menjelaskan, JORR II akan melingkar dari Bandara Soekarno-Hatta, Kunciran, Serpong, Cinere, Cimanggis, Cibitung, Cilincing, hingga Pelabuhan Tanjung Priok. Sejauh ini, hanya satu ruas tol lagi yang masih dalam tahap konstruksi, yakni Tol Cimanggis - Cibitung seksi 2B Cikeas - Cibitung sepanjang 19,65 kilometer.

"Ditargetkan seluruh ruas JORR II rampung pada kuartal pertama 2024. Ruas Cikeas-Cibitung akan rampung sekitar Maret 2024," kata Basuki dalam keterangan resmi yang dikutip Rabu (10/1).

Pembangunan Jalan Tol Cimanggis Cibitung dikelola oleh Badan Usaha Jalan Tol PT Cimanggis Cibitung Tollways. Jalan Tol Cimanggis Cibitung merupakan bagian dari struktur jaringan JORR 2.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...