Tarif Empat Ruas Tol Trans Sumatera Naik Tahun Ini, Berikut Daftarnya

Agustiyanti
11 Januari 2024, 11:40
tol, tarif tol, tol trans sumatera
ANTARA FOTO/Muhammad Izfaldi/Spt.
Kendaraan melintas di kilometer 11 Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) Ruas Lubuklinggau-Bengkulu seksi I Bengkulu-Taba Penanjung di Kota Bengkulu, Bengkulu, Senin (30/10/2023). Menurut Presiden Joko Widodo sejak 2014 hingga 2023 jalan tol yang dibangun mencapai 2.040 kilometer ditambah yang lama 780 kilometer, jadi saat ini Indonesia memiliki jalan tol sepanjang 2.800 kilometer.
Button AI Summarize

PT Hutama Karya berencana menyesuaikan tarif empat ruas Tol Trans Sumatra (JTTS) pada tahun ini. Keempat ruas tol tersebut, yakni Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung, Palembang – Indralaya, Pekanbaru – Dumai, dan Sigli – Banda Aceh.

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Tjahjo Purnomo menuturkan,  ruas-ruas tersebut sudah memenuhi syarat secara kualias untuk dilakukan penyesuaian tarif dan diharapkan dapat mendapatkan perizinan.

"Mengingat penyesuaian tarif itu cukup krusial untuk menjaga kelangsungan jalan tol dan menciptakan iklim investasi jalan tol yang kondusif, kami berharap dapat terlaksana sesuai target,“ ujar dia, seperti dikutip dari Antara, Kamis (11/1).

Tjahjo mengatakan, Hutama Karya berkomitmen untuk terus meningkatkan pelayanan dan memastikan pemenuhan Standar Pelayanan Minimal (SPM) di jalan tol yang dikelola. Menurutnya,  jalan tol akan dinilai dan diuji sebelum jalan tol diizinkan menyesuaikan tarif.

"Selain itu, pada saat pelaksanaannya juga harus melihat kondisi dan situasi terkini, jika ada special case (kejadian khusus) seperti sebelumnya ada pandemi, penyesuaian tarif juga harus ditunda terlebih dahulu,” kata dia. 

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...