Siap-Siap, Klingkung Fun Pesta Diskon Anti-Golput Hadir di Pemilu 2024
Pengusaha ritel di dalam negeri kembali menggelar Klingking Fun pada hari pencoblosan Pemilu 2024. Jumlah peritel yang berpartisipasi dalam ajang tersebut naik dari 250 merek pada 2019 menjadi 800 merek pada tahun ini.
Klingking Fun adalah program diskon yang dilakukan oleh peritel di dalam negeri untuk meningkatkan partisipasi Pemilu. Syarat mendapatkan diskon ini adalah konsumen menunjukkan jari yang telah dicelupkan ke tinta setelah menggunakan hak pilih.
Berdasarkan catatan Katadata.co.id, partisipasi Pemilu 2019 menjadi 81,69% dari 75,11% pada 2014 . Dengan kata lain, angka golput turun dari 58,62 juta atau 30,2% pemilih terdaftar menjadi 34,75 juta atau 18,02% pemilih terdaftar.
"Brand-brand yang ikut Klingking Fun tahun ini mau meluaskan partisipasi untuk banyak pihak yang bisa ikut," kata Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Shinta Kamdani dalam konferensi pers di kantornya, Jakarta, Kamis (1/2).
Ketua Panitia Klingking FUn 2024 Fetty Kwartati mencatat 800 brand yang berpartisipasi dalam tahun ini memiliki 80 ribu gerai yang tersebar di 400 mal. Angka partisipasi peritel akan terus bertambah lantaran masih ada waktu dua minggu sebelum Pemilu 2024 pada 14 Februari 2024.
Okupansi mal diperkirakan akan mencapai 100% lantaran pengelola akan menggelar casual leasing pada hari tersebut. Dengan kata lain, pengelola mal akan menyewakan ruang bagi peritel berupa pop-up store secara tematik.
Fetty mencatat besaran diskon yang diberikan beragam mulai dari 10% hingga 60%. Diskon tersebut diberikan dengan berbagai skema, seperti syarat pembelian, diskon tambahan, maupun harga spesial.
"Kalau hanya diskon sudah sering ada di mal, tapi kalau diskon di Klingking Fun adalah diskon tambahan dari yang sudah ada. Jadi, ini bisa cukup menarik," kata Fetty.
Klingking Fun 2019 membuat omset peritel naik tiga kali hingga 10 kali lipat dari hari biasa. Sebagian peritel bahkan sudah menjual seluruh stoknya pada tengah hari.
Para peritel tidak akan kehabisan stok lagi pada tahun ini lantaran waktu persiapan yang lebih lama. Fetty menyampaikan penjualan terbanyak selama Klingking Fun 2019 dialami oleh pengusaha makanan dan minuman di mal.
Usai mencoblos, para konsumen langsung menyerbu restoran-restoran. "Jadi, setelah waktu makan siang stoknya sudah habis. Mudah-mudahan kali ini peritel non-makanan dan minuman bisa mendapatkan antusiasme yang sama," ujarnya.