Profil Advan, Ponsel Buatan Semarang, Disebut Ganjar saat Debat

Andi M. Arief
5 Februari 2024, 15:37
Ponsel Advan
Instagram @advanindonesia
Ponsel Advan
Button AI Summarize

Pabrik milik PT Bangga Teknologi Indonesia atau biasa dikenal dengan produsen ponsel merek Advan mencuat pada Debat Kelima Pilpres 2024 semalam, Minggu (4/2). Calon presiden nomor urut tiga, Ganjar Pranowo, mengatakan negara ini  telah memiliki pabrik telepon seluler atau ponsel di Jawa Tengah.

"Kita punya industri swasta untuk gadget. Pabriknya ada di Semarang, harganya terjangkau, lebih murah," kata Ganjar merespon penyataan capres nomor urut 2, Prabowo Subianto.

Menurut dia, pemerintah dapat memasukkan produk-produk buatan Advan ke dalam e-catalog untuk membantu pabrikan lokal tersebut. Pilihan kedua yang ditawarkan Ganjar adalah melakukan penugasan produksi satu unit komputer maupun satu unit ponsel seharga Rp 1 juta di tingkat konsumen.

"Kalau tidak ada pilihan lagi, bergandengan tangan dengan industri luar tapi pabriknya di Indonesia. Cin pernah dilakukan di India," ucapnya.

Pilihan terakhir tersebut dapat mendorong terjadinya transfer pengetahuan dan teknologi ke dalam negeri. Pada saat yang sama dapat menghadirkan nilai tambah di dalam negeri.

"Kita bisa melakukan tindakan-tindakan kemandirian, sehingga kita tidak terlalu bergantung pada pasar impor," katanya.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...