Libur Panjang, AP II: Jumlah Penumpang Pesawat Diprediksi Naik 10%

Lona Olavia
8 Februari 2024, 19:55
Libur Panjang, AP II: Jumlah Penumpang Pesawat Diprediksi Naik 10%
ANTARA FOTO/Sulthony Hasanuddin/rwa.
Penumpang pesawat antre pemeriksaan dokumen keimigrasian di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Rabu (3/1/2024).
Button AI Summarize

PT Angkasa Pura (AP) II memastikan kesiapan fasilitas dan layanan bagi penumpang pesawat di 20 bandara pada libur panjang akhir pekan 8-11 Februari 2024. 

SVP of Corporate Secretary AP II Deni Krisnowibowo mengatakan, slot time penerbangan di seluruh bandara AP II juga dipastikan tersedia untuk mengakomodir peningkatan permintaan pada libur akhir pekan panjang ini.

“Pada long weekend 8 - 11 Februari 2024, kami memperkirakan pergerakan penumpang rute domestik dan internasional di 20 bandara yang dikelola AP II secara kumulatif mencapai 943.747 penumpang atau rata-rata sekitar 236.000 penumpang per hari. Naik 7%-10% dibandingkan dengan hari biasa,” ujarnya dalam keterangan resmi, Kamis (8/2).

Adapun pergerakan pesawat pada long weekend ini diproyeksikan sebanyak 7.071 penerbangan atau rata-rata 1.768 penerbangan per hari.

“Bandara yang dikelola AP II memastikan kesiapan operasi, pelayanan serta keselamatan dan keamanan bandara. Termasuk juga memastikan keandalan infrastruktur seperti runway, lalu sistem kelistrikan bandara, dan infrastruktur lainnya,” ujar Deni.

Khusus di Bandara Soekarno Hatta yang merupakan bandara tersibuk di Indonesia, pergerakan penumpang pada long weekend ini diperkirakan sebanyak 605.899 penumpang dengan pergerakan pesawat sebanyak 4.191 penerbangan. 

Beberapa extra flight di Bandara Soekarno-Hatta pada long weekend ini antara lain ada di rute Jakarta - Bali, Jakarta - Kualanamu, Jakarta - Pontianak, Jakarta - Pangkalpinang dan Jakarta - Semarang.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...