Asmindo Dorong Indonesia Jadi Pusat Pengembangan Furnitur Dunia

Muhammad Taufik
Oleh Muhammad Taufik - Tim Publikasi Katadata
28 Februari 2024, 15:29
Asmindo berharap Indonesia menjadi pusat pengembangan furnitur global karena memiliki potensi kekayaan rotan, bambu, dan budaya.
Asmindo
Button AI Summarize

Asosiasi Industri Permebelan dan Kerajinan Indonesia (Asmindo) mendorong agar Indonesia menjadi pusat pengembangan produksi furnitur di dunia. Hal ini disampaikan dalam rapat umum tahunan Dewan Asosiasi Furnitur Asia atau Council of Asia Furniture Association (CAFA) yang ke-25, 27 ─28 Februari 2024 di Hotel Vivere, Tangerang, Banten.

Ketua Umum Asmindo Dedy Rochimat mengatakan, Indonesia memiliki segudang potensi untuk menjadi pusat pengembangan sekaligus produksi furnitur di dunia. Potensi itu yakni kekayaan alam yang melimpah dan budaya yang kaya, sehingga desain furnitur Indonesia kerap memiliki basis kearifan lokal yang unik.

“Potensi ini perlu dikembangkan dan bersinergi dengan semua pemangku kepentingan di dalam negeri, dan kolaborasi internasional yang saling menguntungkan,” ujar Rochimat dalam keterangan tertulis, dikutip Rabu (28/2).

Selain itu, kata Rochimat, Indonesia adalah negara penghasil rotan terbesar dan terbaik di dunia. Pemanfaatan rotan secara optimal dapat meningkatkan kontribusi furnitur untuk devisa negara, sekaligus kesejahteraan masyarakat.

“Indonesia juga menjadi negara dengan kekayaan bambu terbesar ketiga di dunia. Semua potensi ini perlu segera dimanfaatkan dan dikembangkan,” kata dia.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...