Katadata Gelar IDE 2024, Siapkan Rekomendasi untuk Pemerintah Baru

Andi M. Arief
5 Maret 2024, 10:41
IDE 2024, IDE katadata 2024, IDE
Katadata
CEO Katadata Indonesia Metta Dharmasaputra saat membuka IDE Forum 2024 di Jakarta, Selasa (5/3).
Button AI Summarize

Katadata kembali menggelar Indonesia Data and Economic atau IDE 2024 hari ini, Selasa  (5/3). CEO PT Katadata Indonesia Metta Dharmasaputra mengatakan, IDE 2024 dibuat dengan format yang lebih intim dan akan menghasilkan White Paper Eekomendasi Kebijakan untuk pemerintahan 2023-2029.

Metta menyebut, total peserta IDE 2024 hanya mencapai 150 undang, jauh lebih sedikit dibandingkan IDE tahun sebelumnya yang mencapai 1.000 orang. Format diskusi pun diubah menjadi lebih intim. 

"Forum kali ini kami buat terbatas karena tujuannya menjadi sebuah rangkaian dari kajian-kajian yang kami lakukan untuk melahirkan white paper rekomendasi kebijakan untuk pemerintah baru," kata Metta dalam IDE Katadata 2024, Selasa (5/3).

Ia menjelaskan, Katadata telah melakukan kajian terhadap visi-misi semua calon presiden dan calon wakil presiden. IDE 2024 diharapkan akan menghadirkan gagasan baru di sektor keuangan, pangan, energi, industri, dan lompatan teknologi.

Metta berencana menggelar pertemuan lanjutan setelah IDE 2024 dalam bentuk rapat atau FGD. Pertemuan lanjutan tersebut bertujuan untuk mempertajam ide dan gagasan yang muncul dalam IDE Forum 2024 sebelum dimasukkan dalam White Paper Rekomendasi Kebijakan.

Menurut dia, White Paper tersebut diharapkan menjadi bagian penting untuk mendewasakan demokrasi di dalam negeri. Kedewasaan sebuah demokrasi harus diikuti dengan pertumbuhan perekonomian  yang cukup.

"Harus kita akui, sekarang demokrasi di dalam negeri masih belum matang dan  masih marak Pemilu yang dipenuhi dengan politik uang," katanya.

Reporter: Andi M. Arief
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...