Kemenhub soal Tiket Pesawat Lebaran Mahal: Belum Ada yang Langgar TBA

Andi M. Arief
19 Maret 2024, 14:20
Petugas memeriksa tiket calon penumpang di pintu keberangkatan di Bandara Depati Amir, Kepulauan Bangka Belitung, Senin (2/3/2020). Dalam upaya mendongkrak pariwisata, Pemerintah memberikan diskon tiket pesawat hingga 50 persen untuk 10 wilayah destinasi
ANTARA FOTO/Anindira Kintara
Petugas memeriksa tiket calon penumpang di pintu keberangkatan di Bandara Depati Amir, Kepulauan Bangka Belitung, Senin (2/3/2020). Dalam upaya mendongkrak pariwisata, Pemerintah memberikan diskon tiket pesawat hingga 50 persen untuk 10 wilayah destinasi wisata yaitu Batam, Denpasar, Yogyakarta, Labuan Bajo, Lombok, Malang, Manado, Silangit, Tanjung Pinang, dan Tanjung Pandan, Kepulauan Bangka Belitung.
Button AI Summarize

Harga tiket pesawat selalu melonjak selama periode arus mudik dan balik Idulfitri. Kementerian Perhubungan memastikan belum ada maskapai yang melanggar ketentuan tarif batas atas  atau TBA harga tiket pesawat. 

Pada momentum Natal 2023 dan Tahun Baru 2024,  pemerintah menemukan terdapat maskapai yang melanggar aturan TBA. Direktur Jenderal Perhubungan Udara Maria Kristi Endah Murni mengatakan, pelanggaran yang sama belum ditemukan sejauh ini menuju Lebaran 2024.

"Harga tiket pesawat tetap ditentukan berdasarkan mekanisme pasar sepanjang dalam koridor aturan tarif batas atas dan tarif batas nawah. Biasanya saat lebaran harga tiket pesawat pasti naik," kata Kristi kepada Katadata.co.id, Selasa (19/3).

Berdasarkan paparan Kemenhub, total penumpang pesawat terbang dengan tujuan domestik dan internasional akan mencapai 4,4 juta orang pada Lebaran 2024. Angka itu naik hampir 12% dari capaian Lebaran 2023 sejumlah 3,93 juta orang.

Jumlah penumpang penerbangan domestik naik 9,27% secara tahunan dari capaian Lebaran 2023 sejumlah 3,28 juta orang menjadi 3,59 juta orang. Sementara itu, jumlah penumpang penerbangan internasional melonjak 25,64% menjadi 812.241 orang.

Harga tiket pesawat saat periode arus mudik dan balik Lebaran memang jauh lebih mahal dibandingkan hari-hari biasa. Sebagai contoh, tiket pesawat Jakarta-Surabaya misalnya dibanderol dengan tarif paling murah Rp 1,3 juta pada periode arus mudik 5-9 April 2024. Harganya baru turun pada hari raya Idulfitri 10 Maret  paling murah Rp 1,05 juta.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...