193 Juta Orang Mudik, Bagaimana Rekayasa Lalu Lintas jika Macet Total?

Andi M. Arief
25 Maret 2024, 16:46
rekayasa lalu lintas, onw way =
ANTARA FOTO/Dedhez Anggara/aww.
Ilustrasi. Skema one way akan diterapkan di ruas Tol Trans Jawa dari KM 72 hingga KM 414 pada tanggal 5-7 April 2024, serta pada 8-9 April 2024.
Button AI Summarize

Pemerintah akan memberlakukan rekayasa lalu lintas untuk memecah kemacetan yang mungkin terjadi saat arus mudik dan arus balik Lebaran. Kementerian Perhubungan atau Kemenhub menyebut, implementasi rekayasa lalu lintas akan menggunakan tolak ukur Volume to Capacity Ratio atau VCR, yang menunjukkan tingkat kepadatan kendaraan dalam sebidang jalan.

Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati menargetkan angka VCR jalan tol selama Mudik dan Arus Balik 2024 di kisaran 0,6. VCR dengan angka 1,0 menunjukkan kondisi macet tidak bergerak sama sekali.

"Kalau jalanan mau lega, angka VCR ada di 0,4. VCR tersebut berarti laju kendaraan bisa mencapai 70 sampai 80 kilometer per jam," kata Adita dalam Forum Merdeka Barat 9, Senin (25/3).

Adita menyampaikan, VCR dengan angka 0,8 sudah menunjukkan kondisi padat merayap. Oleh karena itu, pemangku kepentingan akan mulai mengimplementasikan rekayasa lalu lintas saat VCR jalan tol mencapai 0,8.

Kakorlantas Polri Irjen Pol Aan Suhanan sebelumnya telah menyiapkan beberapa skema rekayasa lalu lintas pada Mudik dan Arus Balik Lebaran 2024, yakni one way, contraflow, dan ganjil genap.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...