Pemerintah Tetapkan Diskon Tarif Tol Mudik Lebaran 2024 Maksimum 20%

Andi M. Arief
28 Maret 2024, 18:19
diskon tarif tol, jalan tol, lebaran 2024, mudik lebaran
ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah/foc.
Foto udara sejumlah kendaraan menuju Jakarta saat contraflow yang dilakukan secara situasional di Tol Jakarta Cikampek di Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Senin (1/1/2024). Jasa Marga memprediksi 140 ribu kendaraan kembali ke Jabotabek dari Jalan Tol Trans Jawa dan Bandung pada arus balik libur tahun baru 2024 pada (1/1).
Button AI Summarize

Badan Pengatur Jalan Tol atau BPJT menyatakan besaran diskon tarif tol pada mudik dan arus balik Lebaran 2024 maksimum 20%. Namun, pemerintah belum memutuskan ruas mana yang akan mendapatkan diskon tersebut.

Anggota BPJT Unsur Masyarakat Tulus Abadi mengatakan diskon ruas tol tersebut akan dikenakan di Jalan Tol Trans Jawa. "Kelihatannya diskon tarif diberlakukan sampai Gerbang Tol Kalikangkung, karena setelah itu kondisinya sepi," katanya dalam Media Gathering Lebaran Astra Infra Group, Kamis (28/3).

Berdasarkan catatan Katadata.co.id, Gerbang Tol Kalikangkung berada di Jalan Tol Semarang-Batang. Ada enam ruas tol sebelum Tol Semarang-Barang dari Jakarta, yakni Jakarta-Cikampek, Cikampek-Palimanan, Palimanan-Kanci, Kanci-Pejagan, Pejagan-Pemalang, dan Pemalang-Batang.

Tulus menyampaikan kemacetan pada mudik akan mereda setelah melewati Gerbang Tol Kalikangkung. Selain itu, pendapatan operator tol setelah Semarang-Batang terbilang kecil mengingat rendahnya volume lalu lintas.

Dengan demikian, kondisi ruas tol setelah Semarang-Batang tidak sesuai dengan tujuan diskon tarif tol selama mudik. Diskon tarif tol bertujuan untuk memberikan insentif pada pemudik agar dapat mengurai kemacetan.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...