Longsor Tol Bocimi, Pemudik Dianjurkan Gunakan Jalan Nasional

Andi M. Arief
5 April 2024, 11:00
tol bocimi, bocimi, waskita toll road
ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/rwa.
Ilustrasi. Tol Bocimi terbagi menjadi empat seksi, yakni Seksi 1 Ciawi-Cigombong, Seksi 2 Cigombong-Cibadak, Seksi 3 Cibadak-Sukabumi Barat, dan Seksi 4, Sukabumi Barat-Sukabumi Timur. Panjang Tol Bocimi yang beroperasi saat ini sekitar 27,25 atau Seksi 1 dan Seksi 2.
Button AI Summarize

PT Waskita Toll Road atau WTR memperkirakan, Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi  atau Bocimi yang longsor pada Rabu (3/4) kemungkinan belum bisa digunakan untuk arus mudik Lebaran 2024. Pemudik yang ingun menuju Sukabumi diimbau menggunakan jalan nasional.

Tol Bocimi terbagi menjadi empat seksi, yakni Seksi 1 Ciawi-Cigombong, Seksi 2 Cigombong-Cibadak, Seksi 3 Cibadak-Sukabumi Barat, dan Seksi 4, Sukabumi Barat-Sukabumi Timur. Panjang Tol Bocimi yang beroperasi saat ini sekitar 27,25 atau Seksi 1 dan Seksi 2.

Longsor yang terjadi pada dua hari lalu, Rabu (3/4), terjadi pada Seksi 2. Oleh karena itu, WTR hanya mengoperasikan Seksi 1 Tol Bocimi hingga saat ini.

"Sementara ini, kecenderungannya Tol Bocimi kemungkinan tidak bisa berfungsi penuh pada puncak Arus Mudik Lebaran 2024. Kami masih memastikan keamanan jalur B kalau dipaksakan seperti apa," kata Presiden Direktur WTR Daniel Fitzgerald Liman kepada Katadata.co.id, Jumat (5/4).

Longsor di Tol Bocimi terjadi pada jalur menuju Sukabumi. WTR saat ini sedang memeriksa kesiapan jalur ke arah Jakarta di Tol Bocimi untuk menjadi dua jalur.

Maka dari itu, Daniel mengatakan Tol Bocimi saat ini masih berfungsi, tetapi hanya sampai Gerbang Tol Cigombong. Alhasil,
Daniel menganjurkan pemudik yang menuju selatan Jabodetabek untuk menggunakan jalan arteri nasional.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...