Daftar Tarif Tol Trans Sumatera untuk Mudik Lebaran 2024

Agustiyanti
6 April 2024, 14:36
trans sumatera, tol trans sumatera
PT Hutama Marga Waskita
Button AI Summarize

Tol Trans Sumatera telah tersambung hingga 853,5 kilometer, menjadi salah satu jalur mudik untuk para pengguna kendaraan pribadi maupun bus menuju sejumlah wilayah di Sumatera.  Pemudik disarankan untuk menghitung biaya tol Trans Sumatera yang akan dilalui agar tidak mengalami kekurangan saldo saat hendak membayar tol.

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Tjahjo Purnomo menjelaskan pemudik sebaiknya mengetahui besaran tarif tol Trans Sumatera yang akan dilalui.

"Kami menghimbau kepada pemudik untuk mempelajari terlebih dahulu tarif tol Trans Sumatera sebelum memulai perjalanan mudiknya, sehingga mencegah ketidakcukupan saldo yang dapat mengakibatkan terjadinya antrian di gerbang tol,” ujar Tjahjo dalam siaran pers, akhir bulan lalu. 

Ia mengatakan, tarif JTTS yang perlu menjadi perhatian pemudik adalah dari Bakauheni ke Palembang yakni sebesar Rp 410.000 untuk kendaraan golongan 1. Kendaraan golongan 1 yang dimaksud tersebut diantaranya mobil sedan, jip, pikap atau truk kecil, dan bus.

Biaya tol tersebut mengalami kenaikan dibanding momen mudik tahun lalu karena adanya penyesuaian tarif tol Bakauheni - Terbanggi Besar sejak 25 Mei 2023 sebelum kemudian dikelola oleh PT Bakauheni Terbanggi Besar Tol. Selain itu di sisi utara, tarif untuk golongan 1 dari Bandara Kualanamu menuju Tanjung Pura adalah sebesar Rp 105.500.

Berikut Daftar  Tariif Tol Trans Sumatera dari Lampung hingga Aceh untuk kendaraan Golongan 1:

  • Ruas Tol Bakauheni - Terbanggi Besar : (dikelola oleh PT BTB)

  • Ruas Tol Terbanggi Besar - Pematang Panggang - Kayu Agung : Rp 170.500

  • Ruas Tol Kayu Agung - Kramasan : Rp 50.000 (dikelola oleh Waskita Toll Road)

  • Ruas Tol Palembang Indralaya : Rp 27.000

  • Ruas Tol Indralaya Prabumulih : Rp 85.000

    Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...