Pelabuhan Merak Macet, Polisi Terapkan Delay System di Pelabuhan Merak

Agustiyanti
6 April 2024, 18:50
Sejumlah kendaraan calon pemudik menunggu antrean di Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten, Jumat (5/4/2024). PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Utama Merak mengatakan puncak arus mudik di Pelabuhan Merak diprediksi terjadi pada H-4 dan H-3 lebaran atau
ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/nym.
Pelabuhan Merak macet sejak Jumat (5/4).
Button AI Summarize

Jajaran Kepolisian Daerah Banten menerapkan delay system atau sistem tunda di pintu keluar Tol Merak untuk mengurai kepadatan kendaraan pemudik yang menuju Pelabuhan Merak, Banten pada Sabtu (6/4).

Wakil Direktur Lalu Lintas Polda Banten Ajun Komisaris Besar Polisi Kukuh mengatakan, kepadatan kendaraan pemudik di ruas Tol Jakarta-Merak mulai terjadi sejak Jumat (5/4) malam pukul 23.00 hingga Sabtu dini hari.

"Antrean kendaraan ini sudah terjadi sejak Jumat malam pukul 23.00 WIB, kembali landai pada pukul 05.00 WIB Sabtu pagi. Volume kendaraan mulai kembali padat pada pukul 07.00 WIB hingga saat ini," katanya.

Oleh karena itu, menurut dia, aparat kepolisian melakukan sistem tunda untuk mengurai kepadatan kendaraan mulai dari rest area KM 43 dan KM 68 Tol Jakarta-Merak.

"Ini karena tingginya volume kendaraan dari Jakarta menuju ke Merak sehingga terjadilah antrean seperti ini. Tetapi ini tidak berlangsung lama, durasinya hanya 10 menit kendaraan itu sudah bisa jalan," katanya.

Ia mengatakan delay system ini dilakukan secara situasional apabila lalu lintas di Merak terjadi kepadatan atau antrean kendaraan para pemudik.

"Kalau tidak kita lakukan delay system, mungkin antreannya akan lebih panjang. Untuk truk-truk kita keluarkan semua di Cilegon Timur dan diarahkan ke Pelabuhan BBJ dan Pelindo," katanya.

Tiket Penyebrangan Merak-Bakauheni hingga 8 April Ludes

Sekretaris Korporat PT ASDP Indonesia Ferry ( Persero) Shelvy Arifin menyampaikan bahwa tiket penyeberangan rute Merak (Banten) - Bakauheni (Lampung) pada (6/4) hingga  8 April 2024 pukul 23.59 WIB telah terjual habis. Selama arus mudik, kuota tiket yang disediakan setiap harinya mencapai 25 ribu. Ini empat kali lebih banyak dibandingkan jumlah pengguna jasa yang dilayani pada hari normal yang hanya sekitar 8.000.

ASDP pun mengimbau pemudik yang ingin menyeberang melalui Pelabuhan Merak agar membeli tiket penyeberangan untuk keberangkatan tanggal 9 April, mengingat tiket untuk 8 April sudah tidak tersedia lagi. Menurut dia, tiket penyeberangan dengan kapal feri sudah tersedia sejak H-60 tanggal keberangkatan sehingga pemudik seharusnya sudah membeli tiket sejak jauh-jauh hari
 
Menurut dia, para pemudik yang sudah membeli tiket sejak jauh-jauh hari tetap bisa mendatangi area pelabuhan. Sedangkan pemudik yang belum membeli tiket, diharapkan untuk tidak mendatangi area pelabuhan dahulu karena tiket penyeberangan sudah tidak lagi tersedia.
 
Shelvy menginformasikan, saat ini ada beberapa titik zona penyangga (buffer zone) yang disediakan untuk menampung kendaraan pemudik yang sudah telanjur mendatangi area pelabuhan meski belum membeli tiket secara daring. "Kami berharap pengguna jasa bisa mengatur kembali waktu perjalanan mereka dan juga jadwal perjalanan mereka untuk menyeberangnya melalui Pelabuhan Merak," kata Shelvy.

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...