Elon Musk Turunkan Harga Tesla Rp 32 Juta

Agustiyanti
20 April 2024, 20:30
Elon Musk, tesla
AFP/MANDEL NGAN
Ilustrasi.Harga ketiga model baru Tesla diturunkan hanya beberapa hari setelah data pemesanan ketiga model itu pada kuartal pertama ini meleset dari perkiraan.
Button AI Summarize

Pabrikan mobil listrik milik Elon Musk, Tesla menurunkan harga kendaraan Model Y, Model X dan Model S di AS masing-masing sebesar US$2.000 atau setara Rp 32 juta pada Jumat (19/4). Harga ketiga model baru Tesla diturunkan hanya beberapa hari setelah data pemesanan ketiga model itu pada kuartal pertama ini meleset dari perkiraan. 

Mengutip Reuters, Elon Musk menurunkan harga untuk varian dasar Model Y menjadi US$42,990 atau sekitar Rp 688 juta, sedangkan varian jarak jauh dan performa sekarang masing-masing dihargai US$47,990 atau Rp 768 juta dan US$51,490 atau Rp 824 juta.

Versi dasar Model S sekarang berharga US$72,990 atau Rp 1,17 miliar dan varian kotak-kotaknya $87,990 atau Rp 1,4 miliar. Sementara itu, varian dasar Model X sekarang berharga $77,990 atau Rp 1,25 miliar dan varian kotak-kotaknya dihargai $92,900 atau Rp 1,49 miliar.

Tesla Amerika Utara juga mengatakan dalam sebuah posting di X bahwa akan mengakhiri manfaat program rujukannya di semua pasar setelah 30 April. Program rujukan memungkinkan pembeli mendapatkan insentif tambahan melalui rujukan dari pelanggan yang sudah ada, sebuah strategi yang telah lama digunakan oleh produsen mobil tradisional untuk meningkatkan penjualan.

Musk telah menunda rencana perjalanannya ke India. Dia semula akan bertemu Perdana Menteri Narendra Modi dan mengumumkan rencananya memasuki pasar Asia Selatan. Reuters melaporkan pada awal pekan ini  bahwa Tesla berencana memberhentikan lebih dari 10% tenaga kerja globalnya berdasarkan memo internal yang mereka peroleh.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...