Indonesia akan Tawarkan Proyek Terkait Air Rp 153 T di Forum WWF, Bali

Image title
Oleh Antara
20 April 2024, 20:42
WWF, Bali, Air, proyek
ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/YU
Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan (kiri), Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno (kedua kiri), Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo (kanan) dan Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto (kedua kanan) bersiap melaksanakan rapat koordinasi panitia nasional penyelenggaraan World Water Forum (WWF) ke-10 di Nusa Dua, Badung, Bali, Sabtu (20/4/2024). Rakor tersebut dilakukan sebagai persiapan pelaksanaan WWF pada 18-25 Mei 2024 mendatang.
Button AI Summarize

Pemerintah Indonesia akan menawarkan sejumlah proyek strategis terkait isu air senilai US$ 9,6 miliar atau Rp 154 triliun. Proyek-proyek tersebut akan ditawarkan selama pelaksanaan World Water Forum atau WWF ke-10 di Nusa Dua, Bali pada 18-25 Mei 2024.

“Kami siapkan proyek dan kegiatan apa saja yang bisa ditawarkan dan menjadi kesepakatan bersama,” kata Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR Mohammad Zainal Fatah di sela rapat koordinasi persiapan WWF ke-10 di Nusa Dua pada Sabtu (20/4), seperti dikutip dari Antara.

Zainal belum dapat memberikan informasi rincian proyek atau kegiatan terkait air yang ditawarkan selama ajang dunia terkait air yang diadakan tiga tahun sekali itu. Daftar proyek tersebut saat ini sedang dikumpulkan dan diseleksi oleh Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas).

“Ini sudah menggabungkan banyak usulan, angka nilainya 9,6 miliar dolar AS berupa proyek, apakah itu proyek yang sudah berjalan atau proyek baru yang pendanaannya sudah ditaruh di situ,” imbuhnya.

Ia mengharapkan forum yang membahas masa depan kebutuhan air itu menghasilkan sesuatu yang konkrit mengingat air menjadi salah satu masalah yang penting.

 Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dalam kesempatan yang sama mengatakan, delegasi dari 193 negara di dunia telah dijadwalkan hadir dalam pertemuan tingkat menteri dalam forum tersebut. Rotal delegasi pada pertemuan di Bali tersebut diperkirakan mencapai sekitar 35 ribu orang.

Halaman:
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...