Astra Agro Lestari: Konflik Iran-Israel Pengaruhi Nilai Belanja Modal

Andi M. Arief
23 April 2024, 17:31
harga cpo, astra agro
ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas/nym.
Ilustrsi. Konflik Iran-Israel berpotensi menyebabkan kebutuhan belanja modal Astra Agro Lestari untuk peremajaan lahan sawit membengkak.
Button AI Summarize

PT Astra Agro Lestari Tbk mengalokasikan belanja modal sekitar Rp 1,35 triliun pada tahun ini. Namun, Konflik Iran-Israel berpotensi menyebabkan kebutuhan belanja modal perusahaan membengkak. 

Presiden Direktur AALI Santosa menganggarkan, sebagian besar belanja modal atau Rp 600 miliar hingga Rp 700 miliar untuk peremajaan kebun. Namun menurutnya, kebutuhan belanja modal untuk peremajaan kebun berpotensi membengkak akibat kenaikan harga bahan bakar di dalam negeri yang dipengaruhi konflik Israel-Iran.

"Tahun ini kami merencanakan kisaran belanja modal antara Rp 1,3 triliun sampai Rp 1,4 triliun. Harga pupuk bisa saja naik kalau ternyata harga bahan bakar naik. Oleh karena itu, program peremajaan bisa saja lebih mahal," kata Santosa dalam Public Expose di Menara Astra, Selasa (23/4).

Santosa menargetkan, program peremajaan dilakukan pada lahan seluas 4.500 sampai 5.000 hektare. Menurutnya, luas program peremajaan akan melihat produktivitas tanaman produktif tahun ini. AALI menargetkan program peremajaan tidak mempengaruhi tingkat produksi.

Santosa menjelaskan, produktivitas AALI cenderung lebih rendah dari pabrikan CPO lainnya. Hal tersebut didorong oleh rentang penanaman AALI yang panjang, yakni sekitar 10 tahun

Maka dari itu, ia mengatakan rata-rata produktivitas AALI hanya sekitar 16,5 ton per hektar, sedangkan rata-rata produktivitas kebun industri lain dapat mencapai 22 ton per hektare.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...