Menteri Bahlil akan Sambangi Foxconn demi Percepat Investasi

Andi M. Arief
29 April 2024, 16:05
menteri investasi, bahlil, kendaraan listrik
Zaenuddin/Katadata
Menteri Investasi Bahlil Lahadalia mengatakan, Investasi pada ekosistem kendaraan listrik pada kuartal pertama 2024 mencapai Rp 800 miliar.
Button AI Summarize

Menteri Investasi Bahlil Lahadalia berencana untuk menyambangi markas Foxconn di Taiwan dalam waktu dekat. Kunjungan tersebut bertujuan untuk mempercepat realisasi produsen barang elektronik terbesar dunia tersebut di dalam negeri.

Foxconn telah berminat untuk berinvestasi di dalam negeri sejak 2012. Minat tersebut direncanakan terealisasi pada 2022 untuk mengembangkan ekosistem kendaraan listrik nasional.

Realisasi investasi tersebut diundur menjadi akhir 2023 dan masih belum terealisasi hingga saat ini. "Untuk urusan realisasi investasi Foxconn ini butuh usaha yang luar biasa sekali. Masih ada satu sampai dua bagian ayng harus saya cocokkan dengan apa yang merak ajukan," kata Bahlil di kantornya, Senin (29/4).

Bahlil mengaku tidak menjelaskan kendala realisasi investasi Foxconn di dalam negeri. Bahlil menilai realisasi investasi Foxconn di dalam negeri merupakan tugas terbesarnya yang belum rampung.

Ia mengatakan pemerintah telah mengincar Foxconn untuk membangun fasilitas produksinya di dalam negeri. Sebab, perusahaan tersebut telah berhasil berkontribusi hingga 15% dari nilai ekspor Cina.

"Kontribusi Foxconn kurang lebih sekitar 10% sampai 15% dari total ekspor Cina ke dunia. Kalau Foxconn itu masuk ke Indonesia, top itu," katanya.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...