Bandara Kertajati Buka Penerbangan ke Singapura pada September 2024

Image title
Oleh Antara
3 Mei 2024, 16:08
bandara kertajati, rute penerbangan, singapura
ANTARA FOTO/Dedhez Anggara/YU
Calon penumpang berjalan di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kertajati, Majalengka, Jawa Barat, Minggu (29/10/2023). Kementerian Perhubungan memindahkan semua penerbangan dari Bandara Husein Sastranegara Bandung ke Bandara Internasional Jawa Barat per tanggal 29 Oktober 2023.
Button AI Summarize

Bandar Udara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati akan membuka penerbangan ke Singapura pada September 2024. Maskapai yang mengisi rute ini adalah Scoot, asal Negeri Singa.

"Periode berangkatnya sepekan dua kali," kata Pejabat (Pj) Gubernur Jawa Barat Bey Triadi Machmudin di Bandara Kertajati, Majalengka, Jawa Barat, Jumat (3/5). 

Selain Singapura, pengelola bandara juga sedang mengupayakan rute menuju Surabaya. Rute tersebut, menurut Bey, banyak peminatnya. "Tapi masih menunggu maskapai dan ketersediaan pesawatnya," ucapnya. 

Rute kota lainnya juga menjadi pertimbangan, terutama Pekanbaru. "Banyak warga Jabar kerja di sana. Kalau mau Pekanbaru, mereka terbang dulu ke Malaysia," ucapnya. 

Sejak beroperasi penuh pada 29 Oktober 2023 lalu, Bandara Kertajati telah melayani sejumlah rute penerbangan baik domestik maupun internasional.

Untuk penerbangan domestik, ada tujuh rute yang tersedia, yakni tujuan Balikpapan, Banjarmasin, Batam, Denpasar, Makassar, Medan, serta Palembang. Ketujuh rute tersebut dilayani pesawat maskapai Citilink, AirAsia, serta Super Air Jet.

Untuk rute penerbangan internasional adalah tujuan Kuala Lumpur, Malaysia yang telah beroperasi sejak pertengahan Mei 2023. Bandara ini juga masih melayani penerbangan umrah dan haji.

Editor: Sorta Tobing

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...