Koleksi Kereta Generasi Baru KAI Bertambah

Dini Pramita
4 Mei 2024, 15:44
Gerbong penumpang pada kereta api generasi baru untuk kereta KAI sudah menggunakan captain seat.
PT KAI (Persero)
Gerbong penumpang pada kereta api generasi baru KAI sudah menggunakan captain seat.
Button AI Summarize

PT Kereta Api Indonesia (Persero) bersiap-siap untuk kedatangan 11 rangkaian kereta generasi baru yang pengerjaannya telah dirampungkan oleh PT Industri Kereta Api atau PT INKA (Persero). Kesebelas kereta tersebut merupakan pesanan istimewa dari PT KAI.

Senior Manager Humas PT INKA Agung Dwi Cahyono mengatakan 11 rangkaian tersebut terdiri dari delapan rangkaian kelas eksekutif (K1), dua rangkaian kelas ekonomi (K3), serta satu rangkaian campuran yang terdiri dari: empat "car" K1; lima car K3; satu kereta makan; dan satu kereta pembangkit.

Menurut Agung, produksi rangkaian kereta new generation yang diselesaikan oleh INKA tersebut memiliki beberapa keunggulan. "Kapasitas gerbong yang dulunya mencapai 106 kursi dengan formasi 3-2 serta sandaran tegak lurus dan saling berhadapan, kini bertransformasi menjadi 72 kursi tunggal yang ergonomis dengan formasi 2-2, yang tentunya jauh lebih leluasa dan nyaman bagi penumpang ekonomi," kata dia, dikutip Sabtu (4/5/2024).

Perbedaan lainnya, kata dia, yang dirasa cukup signifikan dibandingkan dengan gerbong kereta versi lama adalah adanya pintu otomatis yang dilengkapi dengan anti-trap. Pintu otomatis di kereta new generation tersebut meliputi pintu masuk bordes serta pintu masuk ruang penumpang dan penghubung antar kereta.

Beberapa fitur dari rangkaian generasi baru tersebut yang memudahkan penumpang adalah Digital Passenger Information & Display System, "Customer Service On Train" yang ditampilkan dalam bentuk nomor kereta digital, dan nomor kursi digital.

Selain itu, kereta generasi baru itu, kata Agung, dilengkapi dengan "corrugated bellow" pada sambungan antar kereta. "Dengan demikian, kebisingan pada kereta dapat diredam lebih baik sehingga perjalanan akan menjadi lebih aman dan nyaman bagi para penumpang kereta," kata dia.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...