Ekonomi Cina Membaik: Ekspor Impor Naik pada April

Agustiyanti
9 Mei 2024, 16:29
ekspor, impor, cina, ekonomi cina
ANTARA FOTO/REUTERS/Aly Song/WSJ/cf
Ilustrasi. Ekonomi Cina mulai membaik seiring ekspor dan impor yang naik bulan lalu.
Button AI Summarize

Ekspor dan impor Cina  kembali meningkat pada April setelah turun pada bulan sebelumnya. Kondisi ini menandakan peningkatan yang menggembirakan terhadap permintaan di dalam dan luar negeri di tengah upaya pemerintah Cina menopang ekonomi mereka yang sedang lemah. 

Data tersebut menunjukkan serangkaian langkah-langkah dukungan kebijakan selama beberapa bulan terakhir mungkin membantu menstabilkan kepercayaan investor dan konsumen. Namun, para analis mengatakan masih belum yakin apakah lonjakan perdagangan ini akan berkelanjutan.

Data terbaru Bea Cukai Cina yang dirilis Kamis (9/5) menunjukkan bahwa skspor dari Tiongkok  naik 1,5% secara tahunan pada bulan lalu setelah terkontraksi 7,5% pada bulan sebelumnya. 

Sementara itu, impor pada April meningkat 8,4%, mengalahkan perkiraan kenaikan sebesar 4,8% dan membalikkan penurunan sebesar 1,9% pada Maret

“Nilai ekspor kembali mengalami pertumbuhan dari kontraksi bulan lalu, namun hal ini terutama disebabkan oleh dasar perbandingan yang lebih rendah,” kata Huang Zichun, ekonom Tiongkok di Capital Economics.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...