Sepatu Bata Tutup Pabrik, Nasib Industri Alas Kaki RI Suram?

Agustiyanti
9 Mei 2024, 19:59
bata, sepatu bata, pabrik
Idxchannel.com
Ilustrasi. Sepatu Bata menutup pabriknya di Purwakarta dan melakukan PHK terhadao 230 karyawan.
Button AI Summarize

PT Sepatu Bata Tbk menutup pabrik di Purwakarta, Jawa Barat sebagai langkah efisiensi demi memastikan keberlanjutan bisnis. Asosiasi Pengusaha Indonesia menilai, penutupan pabrik sepatu Bata memberikan kondisi industri alas kaki di dalam negeri. 

"Ini kembali lagi soal cost yang terus meningkat, dan pada akhirnya perusahaan seperti Bata walaupun sudah hadir begitu lama di Indonesia harus melihat apakah masih feasible sebagai bisnis," ujar Ketua Umum Apindo Shinta W Kamdani seperti dikutip dari Antara, Kamis (9/5).  

Menurut dia, industri alas kaki saat ini dihadapkan pada faktor permintaan yang lemah, bukan hanya dari domestik tetapi juga ekspor. Shinta melihat terjadi penurunan permintaan dari ekspor yang tajam. 

Di sisi lain, menurut dia, terjadi pergeseran minat investasi di Indonesia dari industri padat karya ke padat modal. "Akan semakin sulit bagi sektor padat karya saat ini," kata dia. 

Sementara itu, Direktur Industri Tekstil, Kulit, dan Alas Kaki (ITKAK) Kemenperin Adie Rochmanto Pandiangan menilai penutupan pabrik oleh Bata saat ini sebenarnya bukan langkah yang tepat. Menurut dia, industri alas kaki sebenarnya tengah mencatatkan pertumbuhan yang mencapai 5,9% secara tahunan pada kuartal pertama tahun ini. 

Menurut dia, pertumbuhan industri alas kaki di Indonesia didorong  oleh kebijakan pengendalian terhadap impor barang jadi, jaminan bahan baku, serta regulasi larangan dan pembatasan  untuk barang konsumsi alas kaki.

Menurutnya pertumbuhan tersebut juga dapat dilihat dari kenaikan ekspor sebesar 0,95% secara tahunan  (YoY), penurunan impor hingga 1,38% secara tahunan. Kinerja Indeks Kepercayaan Industri (IKI) juga terus mengalami kenaikan secara berturut-turut mulai November 2023 hingga Februari 2024

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...