Singapura dan Surabaya Rute Penerbangan Favorit Musim Libur Sekolah

Andi M. Arief
2 Juli 2024, 20:17
bandara soetta, libur sekolah
ANTARA FOTO/Sulthony Hasanuddin/rwa.
Penumpang pesawat antre pemeriksaan dokumen keimigrasian di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Rabu (3/1/2024).PT Angkasa Pura II memperkirakan jumlah penumpang pesawat pada arus balik libur Tahun Baru 2024 atau pada periode 1-4 Januari 2024 mencapai 935.000 orang.
Button AI Summarize

Singapura dan Surabaya menjadi destinasi penerbangan favorit penumpang Bandara Soekarno Hatta selama musim libur sekolah saat ini. Rute lain yang juga menjadi favorit adalah Denpasar, Bali dan Kuala Lumpur, Malaysia.

"Saat libur sekolah ini utamanya destinasi penumpang adalah Surabaya dan internasional adalah Singapura," kata Senior Manager of Branch Comunication and Legal Bandara Soekarno Hatta, M Holik Muardi di Tangerang, Selasa (2/6), seperti dikutip dari Antara. 

Dia mengungkapkan, untuk jumlah pergerakan penumpang selama masa libur sekolah yang berangkat berlibur melalui Bandara Soetta mencapai 183.205 orang. Jumlah ini meningkat dibandingkan rata-rata pergerakan penumpang di Bandara Soetta yang mencapai 130 ribu hingga 150 ribu orang/.

"Sekarang tertinggi padahal hari Minggu (30/6) kemarin itu penumpang yang datang dan berangkat melalui Bandara Soetta sebanyak 183 ribu lebih," ujarnya.

Sementara itu, menurut dia, terdapat 1.143 penerbangan kedatangan dan keberangkatan pada puncak musim libur sekolah tersebut. Meski meningkat dari hari-hari biasa, pergerakan pesawat ini masih di bawah selama masa angkutan lebaran lalu.

"Momentum libur sekolah ini memang digunakan masyarakat untuk berpergian," kata dia.

Editor: Agustiyanti

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...