HUT RI di IKN, Bandara Sepinggan Terima Permintaan 51 Tambahan Penerbangan

Agustiyanti
13 Agustus 2024, 12:47
bandara sepinggan, iKN, hut RI
Dok. Angkasa Pura 1
Bandara Sepinggan, Balikpapan menjadi salah satu pintu masuk menuju IKN.
Button AI Summarize

PT Angkasa Pura I memperkirakan Bandara Sepinggan Balikpapan menghadapi lonjakan penumpang yang mencapai 289 ribu pergerakan selama perayaan Hari Ulang Tahun atau HUT Kemerdekaan Indonesia. BUMN penerbangan ini telah menerima permintaan 51 tambahan penerbangan atau extra flight dari empat maskapai. 

AP1 meramal, rata-rata pergerakan penumpang pada 10-24 Agustus 2024 itu naik 15% dibandingkan rata-rata pergerakan penumpang Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan pada periode Juli 2024 yang mencapai 16.800 penumpang.

Direktur Utama AP1 MMA Indah Preastuty menyatakan, pihaknya telah mempersiapkan berbagai hal untuk mengantisipasi lonjakan jumlah penumpang.Bandara Balikpapan akan berfungsi sebagai salah satu pintu gerbang udara menuju IKN.

“AP1 telah melaksanakan sejumlah langkah untuk meningkatkan kualitas infrastruktur bandara dan pelayanan, termasuk pelaksanaan beautifikasi terminal penumpang serta area bandara, penyesuaian flow penjemputan penumpang dan tamu VIP, serta maintenance sarana pelayanan,” ujar Indah Preastuty dalam siaran pers, Selasa (13/8). 

AP1 juga turut melakukan penataan gerai komersial di terminal Selain persiapan tersebut, AP1 juga mempersiapkan sebanyak 24 parking stand yang dikhususkan untuk menempatkan pesawat para tamu VIP dan pesawat militer, termasuk di dalamnya adalah 3 parking stand khusus untuk pesawat kepresidenan, pesawat presiden terpilih, serta pesawat wakil presiden terpilih. Selain itu, tersedia  26 parking stand lain yang akan dipergunakan untuk melayani operasional penerbangan komersial reguler.

Puncak kedatangan penumpang di Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan kemungkinan akan terjadi pada Kamis, 15 Agustus (H-2 Upacara). AP1 memperkirakan akan ada  sebanyak 21,6 ribu pergerakan penumpang.

Sementara itu,  puncak keberangkatan diprediksi akan terjadi pada Minggu, 18 Agustus (H+1 Upacara) dengan proyeksi 22,8 ribu pergerakan penumpang

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...