KAI Beberkan Kronologi Video Viral Kereta Terobos Kobaran Api di Karawang

Agustiyanti
21 Agustus 2024, 16:57
kereta api, jawa barat, kai, kereta
ANTARA/HO-KAI Daop 1 Jakarta
Rangkaian kereta api yang menerobos kobaran api di Karawang, Jawa Barat.
Button AI Summarize

PT Kereta Api Indonesia Daop 1 Jakarta membeberkan kronologi video kereta api atau KA Argo Cheribon menerobos api kebakaran gudang palet Madura yang viral di media sosial. Lokasi kejadian berada di petak Jalur Hilir Karawang-Kedunggedeh Km 59+100 Kampung Babakan, Desa Tanjungmekar, Karawang, Jawa Barat.

Manajer Humas KAI Daop 1 Jakarta Ixfan Hendriwintoko menjelaskan, KAI Daop 1 menerima laporan pada Senin (19/8) pukul 18.35 WIB bahwa ada informasi kebakaran palet Madura yang terbakar di pinggir rel. Kebakaran tersebut diduga akibat rembetan dari pembakaran sampah oleh warga yang tidak diketahui pembakarnya.

"Dengan adanya insiden tersebut, kami dari pihak KAI langsung berkoordinasi dengan unit terkait. Kemudian dari pihak Damkar dengan segera melakukan penanganan dengan mengerahkan tiga unit mobil pemadam sehingga api dapat dipadamkan pada pukul 19.55 WIB dan rel/jalur dipastikan aman dilalui KA," kata Ixfan pada Rabu (21/8). 

Ixfan memastikan, tidak ada perjalanan KA yang terganggu maupun kerugian yang dialami pihak KAI. "Hanya asap pada saat terjadi kebakaran mengganggu pandangan masinis. Perjalanan KA tidak terganggu sama sekali aman sesuai jadwal," kata Ixfan.

Video KA menerjang kobaran api di Karawang ramai di media sosial. Kejadian itu bermula saat kebakaran terjadi di Kelurahan Tanjungmekar, Kecamatan Karawang Barat, Kabupaten Karawang pada Senin (19/8) malam. Kebetulan, titik kebakaran berada dekat dengan rel KA.

Titik kebakaran berupa gudang yang lokasinya cukup dekat dengan rel kereta jalur B arah Jakarta sehingga kereta yang melintas terlihat menerobos kobaran api.

 

 

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...