Mulai September, Ada Penerbangan dari Kertajati ke Singapura

Agustiyanti
21 Agustus 2024, 17:53
bandara kertajati, singapura, malaysia, kuala lumpur
ANTARA FOTO/Dedhez Anggara/nym.
Jamaah haji memasuki terminal kedatangan setibanya di Bandara Kertajati, Majalengka, Jawa Barat, Minggu (23/6/2024).
Button AI Summarize

Maskapai asal Singapura, Scoot akan melayani rute penerbangan internasional dari Bandara Kertajati ke Bandara Changi Singapura mulai 27 September 2024. Ini adalah rute penerbangan reguler internasional kedua setelah adanya penerbangan ke Kuala Lumpur, Malaysia. 

“Rute ini dilayani oleh maskapai penerbangan Scoot dengan frekuensi penerbangan dua kali seminggu, yakni setiap Selasa dan Sabtu,” kata Executive General Manager (EGM) BIJB Kertajati Indra Crisna S di Majalengka, Jawa Barat, Rabu (21/8), seperti dikutip dari Antara.

Indra menjelaskan, Scoot akan menggunakan pesawat jenis Embraer E190-E2 yang dapat menampung 120 penumpang dalam sekali perjalanan udara. Pesawat tersebut, menurut dia, merupakan jenis baru yang dapat memberikan kenyamanan optimal bagi penumpang untuk melakukan perjalanan dari Bandara Kertajati ke Singapura maupun sebaliknya. 

"Dengan kesiapan operasional dan fasilitas pendukung yang memadai, kami yakin penumpang akan merasa nyaman terbang dari Kertajati ke Singapura," tutur Indra. 

Ia menyebutkan, pembukaan rute ke Singapura ini dapat menarik lebih banyak penumpang untuk melakukan perjalanan udara melalui Bandara Kertajati, serta membuka peluang konektivitas ke berbagai destinasi lainnya.

Pihaknya optimis layanan penerbangan ini, bisa berdampak positif bagi pertumbuhan ekonomi dan pariwisata di wilayah Jawa Barat.

 "Penerbangan ke Singapura ini adalah langkah strategis kami untuk meningkatkan minat perjalanan pengguna jasa penerbangan dari Bandara Kertajati," ujarnya.

Menurut dia, para penumpang kini memiliki beragam pilihan antarmoda untuk mencapai Bandara Kertajati. Selain itu, tersedia juga layanan parkir inap yang memudahkan masyarakat yang membawa kendaraan pribadi.

BIJB Kertajati berkomitmen untuk memperkuat posisinya sebagai salah satu hub penerbangan utama di Indonesia, yang mampu memberikan layanan terbaik bagi para pengguna jasa penerbangan.

“Dari segi fasilitas Bandara Kertajati telah siap secara operasional untuk melayani penerbangan internasional baru ini, dengan memiliki landasan pacu (runway) sepanjang 3.000 meter dengan lebar 60 meter serta terminal penumpang yang mampu menampung hingga 5,6 juta penumpang per tahun,” kata dia.

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...